Ananda Tricel Vanesae Evato Usai PON XX Fokus SEA Games di Vietnam 2022

Ananda Tricel Vanesae Evato Usai PON XX Fokus SEA Games di Vietnam 2022
AT Vanesae Evato saat meraih medali emas terakhir Riau diajang PON XX di Papua 2-15 Oktober 2021 lalu. (YW/celotehriau.com)

CELOTEH RIAU---Cabang Olahraga air menjadi peraih medali emas perdana dan penutup bagi kontingen Riau pada PON XX di Papua, 2-15 Oktober 2021 lalu 

Jika peraih medali pertama Riau dipersembahkan Maizir Ryondra dari cabor dayung nomor Kayak 1000 m putra maka peraih emas terakhir kontingen Riau di Papua berasal dari Ananda Triciel Vanesae Evato nomor 50 m gaya dada putri 

Dari 3 medali emas 4 perak dan satu perunggu cabor renang,  cucu Gubernur Riau ke 4 a H Soebrantas Siswanto ini berhasil menyabet 2 medali emas, satu perak dan satu perunggu 

Prestasi mentereng jebolan PPLP Riau ini tidak membuat perenang spesialisasi jarak pendek gaya dada ini jumawa.Namun menjadi tantangan baginya untuk memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia di ajang pesta multi Iven Asia Tenggara, SEA Games di Hanoi Vietnam 2022 mendatang 

AT Vanesae mengakui  pencapaian di ajang PON XX di Papua lalu tidak didapatkan dengan mudah. Apalagi persiapan latihan juga sempat terhenti akibat pandemi,  sehingga untuk mengembalikan daya tahan, teknik serta catatan waktunya, membutuhkan waktu dan kerja keras serta disiplin yang tinggi.

“Alhamdulillah, sebelumnya memang target untuk memperbaiki catatan waktu, dan ternyata bisa mempersembehkan medali emaa untuk Riau,” kata Vanesa, Senin (1/11/2021).

Selain prestasi yang gemilang, anak pasangan Sumarto Soebrantas dan Tengku Fauziah ini juga berhasil mempertajam Rekor Nasional (Rekornas) PON atas namanya sendiri di nomor 50 dan 100 meter gaya dada putri.

"Prestasi ini menjadi pembuktian baginya bahwa dengan berlatih, disiplin  dan ketekunan , serta doa dan dukungan semua pihak, prestasi bisa di raih" 

Prestasi pemecahan Rekornas di nomor jarak pendek  50 dan 100 meter gaya dada putri ini juga pernah mengantarkan AT  Vanesae Evato menjadi   perenang terbaik di KRAPSI Surabaya 2017 silam.

"Usai PON , saya fokus latihan untuk menghadapi SEA Games di Hanoi, Vietnam yang berlangsung Mei 2022.Mohon  dukungan dan doa dari masyarakat Riau agar bisa tampil maksimal, dan memberikan prestasi membanggakan bagi provinsi  Riau dan negara Indonesia," harapnya.

BIODATA
NAMA: Anandia Treciel Vanessae Evato
LAHIR : Pekanbaru, 3 September 1997
Orang Tua : Sumarto Subrantas (ayah) dan Tengku Fazidah (ibu)
Klub : Belibis Pekanbaru
Nomor Andalan : 50 meter dan 100 meter gaya dada perorangan putri.

Berita Lainnya

Index