FIKOM UIR Beri Pelatihan Public Speaking bagi Ibu-ibu PKK Kabupaten Pelalawan

FIKOM UIR Beri Pelatihan Public Speaking bagi Ibu-ibu PKK Kabupaten Pelalawan

PELALAWAN - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka, S.AP resmi membuka pelatihan public speaking sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang ditaja oleh tim dosen dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Riau. 

Wakil Dekan III, Bidang Alumni dan Kemahasiswaan Fikom UIR, Eko Hero M. Soc., Sc. dalam sambutan mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh seorang dosen di perguruan tinggi. 

"Dosen tidak hanya punya kewajiban untuk mengajar di kelas saja, tetapi juga harus melakukan kegiatan lain, yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka menyambut baik kegiatan pelatihan public speaking ini. Ia menyebut, kegiatan ini bagian dari Penguatan Kapasitas SDM bagi anggota TP-PKK di Kabupaten Pelalawan.

"Karena Public Speaking adalah bagian dari softskill kita yang akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari kita, baik dalam kaitannya dengan pekerjaan, atau juga aktivitas lainnya," ujarnya.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh anggota TP PKK Kabupaten Pelalawan yang terdiri dari empat Kelompok Kerja (POKJA). Para Ibu-Ibu PKK sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan Public Speaking tersebut. 

Kegiatan Pelatihan Public Speaking yang ditaja pada hari Rabu, 10 November 2021 bertepatan dengan hari Pahlawan merupakan momentum tepat guna meningkatkan semangat juang melalui penguatan kapasitas SDM bagi ibu PKK sebagai bagian dari sistem social yang berperan besar terhadap stabilitas keluarga.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 3 tim dosen pengabdian, yakni: Dr. Fatmawati, S. IP., MM sebagai ketua. Eko Hero, M. Soc., Sc. dan Yudi Daherman, M. I. Kom sebagai anggota. Selain tim dosen, kegiatan ini juga diikuti oleh dua mahasiswa sebagai tim pelaksana.

Dalam kegiatan pelatihan Public Speaking tersebut terdiri dari dua bagian yakni: Pemaparan materi Public Speaking dan Praktik Public Speaking. Pemaparan materi Public Speaking disampaikan oleh Dr. Fatmawati, S. IP., MM. 

Dalam paparannya, Fatmawati menyampaikan bahwa Public Speaking adalah seni berbicara di depan umum. Keterampilan yang dibutuhkan sangat tergantung pada siapa audiens yang dihadapi. 

"Tentu sebagai seorang speaker handal, harus memahami dan mengerti siapa audiens yang dihadapi. Tidak cukup hanya kemampuan speaker saja yang dibutuhkan, tapi juga penguasaan panggung, manajemen waktu dan all packaging perform as speaker," jelasnya Fatma sebagai Narasumber. 

Pelatihan public speaking yang juga dihadiri oleh istri Bupati dan Istri Wakil Bupati, itu berlangsung menarik karena dipadu dengan praktik langsung yang dipandu oleh tim pengabdian yaitu Yudi Daherman dan Eko Hero. 

Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat penghargaan yang diserahkan langsung kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka, S.AP. Para peserta berharapa akan ada kelanjutan kegiatan pelatihan tersebut karena dinilai memiliki manfaat yang luar biasa bagi karir dan kehidupan sehari-hari.

Berita Lainnya

Index