Mulai Besok, Masuk Mal di Pekanbaru Wajib Gunakan PeduliLindungi

Ahad, 19 Desember 2021 - 21:19:38 WIB Cetak

Ilustrasi

PEKANBARU - Mulai Senin 20 Desember, masuk ke pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu sebagai skrining bagi masyarakat dan membantu pemerintah melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus Corona.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru sudah mendatangi sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru. Tim yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil itu datang untuk memastikan pengelola menyiapkan kode QR di seluruh akses masuknya.

Seperti di Mal SKA, tim mendapati akses masuk ke pusat perbelanjaan di Jalan Soekarno-Hatta itu sudah terdapat kode QR untuk skrining aplikasi Pedulilindungi.

Asisten I Setda Kota Pekanbaru Syoffaizal mengatakan, tim sudah mendatangi empat pusat perbelanjaan. Keempat pusat perbelanjaan yakni Mal SKA, Mal Ciputra, Mal Pekanbaru dan Living World. Ia mengatakan, pengelola prinsip siap menerapkan aplikasi Pedulilindungi di setiap pintu masuk mal dengan penjagaan ketat security.

"Dan menyediakan pintu keluar hanya untuk yang keluar. Sehingga ketika pengunjung keluar dapat log out dari aplikasi pedulilindungi," jelasnya.

Menurutnya, pengelola sudah melakukan persiapan sembari menunggu aba-aba dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Riau.

"Kita tegaskan kalau sudah siap lanjut saja, laksanakan terhitung hari ini sambil sosialisasi," kata Syoffaizal, Jumat (17/12/2021).

Di Mal SKA, saat tim lakukan pengecekan, pengelola sudah menerapkan aplikasi pedulilindungi di akses masuk. Tim satgas juga sudah berkoordinasi dengan APPBI Riau. Mereka menyatakan bahwa memulai serentak pada 20 Desember 2021.

Ia juga mengimbau agar pengelola menyiapkan posko vaksinasi bagi masyarakat yang belum vaksin. Jadi bagi pengunjung yang vaksin, pengelola mal bisa menyediakan vaksin centre. Untuk petugasnya, pengelola diminta berkoordinasi dengan Dinkes.

Sehingga, setelah divaksin pengunjung dapat diedukasi mengupload aplikasi peduliLindungi untuk kemudian bisa masuk ke mal.

"Mereka yang belum vaksin, bisa langsung vaksin nanti di pusat perbelanjaan, agar nantinya bisa dipersilahkan masuk ke dalam. Sehingga penerapan aplikasi peduliLindungi diharapkan tidak berakibat kepada tingkat kunjungan masyarakat ke Mal," jelasnya.

Masyarakat luar Kota Pekanbaru yang berakhir pekan di kota ini juga diimbau agar lakukan vaksin lebih dahulu. Penggunaan aplikasi ini sebagai skrining bagi pengunjung tentu berdampak bagi tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan. Namun di sisi lain upaya penanganan Covid-19 harus tetap dilakukan.

"Jadi kita tidak ingin penerapan aplikasi ini berdampak pada kunjungan ke mal-mal, maka kita kombinasikan bagaimana caranya agar masyarakat tetap bisa berbelanja sesuai dengan protokol kesehatan dalam surat edaran Walikota Pekanbaru," paparnya.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+