Resmi Bertugas, Status Pekerjaan di e-KTP Penghulu di Siak Berubah

Resmi Bertugas, Status Pekerjaan di e-KTP Penghulu di Siak Berubah

CELOTEH RIAU-- Usai resmi bertugas sebagai penghulu di di kampungnya masing-masing, 38 penghulu yang baru dilantik, mendapatkan elektronik - Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) baru dan Kartu Keluarga (KK).

Perubahan e-KTP itu terjadi pada status pekerjaan, dimana pada kolom elemen status pekerja berubah menjadi "penghulu".

"Ini inisiatif kita, di kolom elemen status pekerjaan menjadi penghulu," kata kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten (Disdukcapil) Siak, Rabu (29/12/21) ditemui usai pelantikan penghulu terpilih hasil pemilihan kepala kampung serentak 2021, di gedung kesenian Siak. 

Bupati Siak H Alfedri menyerahkan e-KTP tersebut secara simbolis kepada penghulu yang baru dilantik, kemudian disusul Wakil Bupati Siak Husni Merza, Sekda Siak Arfan Usman dan Wakil Ketua DPRD Siak Fairus juga menyerahkan simbolis ke penghulu yang dipilih.

Hasmizal mengatakan, perubahan status pekerjaan di e-KTP penghulu itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Siak atas pengangkatan menjadi penghulu.

Hasmizal mengatakan, setelah prosesi pelantikan penghulu terpilih tersebut selesai, pihaknya langsung mengerjakan percetakan e-KTP di tempat pelantikan tersebut. 

"Dalam satu sisi, kita melakukan tertib administrasi, kita mulai dari pemimpin sampai ke masyarakatnya," terang Hasmizal.

Sementara itu, Bupati Siak H Alfedri mengucapkan selamat kepada penghulu yang baru dilantik, ia berharap para penghulu bisa segera menjalankan amanah oleh masyarakat. 

"Selamat bertugas, semoga bisa menjalankan amanah dengan sebaik mungkin," kata Alfedri. 

Alfedri berharap, setelah ini tidak ada lagi masyarakat berkotak-kotak. Untuk itu, ia meminta kepada penghulu yang dilantik agar bisa merangkul semua pihak.

Pada momen pelantikan itu, Alfedri juga launching program Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung (BUJANG Kampung), yang mana dalam satu minggu ia akan berkantor di salah satu kampung di Kabupaten Siak. 

"Setiap Jumat, kita akan berkantor di Kampung, kita akan membawa OPD, terutama OPD dalam bidang pelayanan masyarakat," terangnya.
Alfedri mengatakan, ia akan berkantor setiap minggu nya di kampung-kampung di Siak yang banyaknya 131 kampung dan kelurahan.

Berita Lainnya

Index