Perjuangkan Marhum Pekan Jadi Pahlawan Nasional, TP2GD Pekanbaru Datangi Arsip Nasional

Rabu, 12 Januari 2022 - 19:50:53 WIB Cetak

PEKANBARU - Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka melengkapi data untuk penulisan biografi Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah atau Marhum Pekan sebagai Pahlawan Nasional, pada Rabu (12/1/2022).

“Alhamdulillah TP2GD Pekanbaru dalam rangka memperjuangkan Marhum Pekan sebagai Pahlawan Nasional berkunjung ke ANRI. Kunjungn ini dalam rangka melengkapi penulisan biografi perjuangan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah (Marhum Pekan),” kata Ayat Cahyadi.

Dalam kunjungan ke ANRI, Rombongan yang dipimpin langsung Ketua TP2GD Pekanbaru Ayat Cahyadi disambut Deputi Bidang Konservasi Arsip, Dr Kandar MAP. Dalam sambutannya Dr Kandar MAP secara pribadi dan kelembagaan sangat mendukung pengusulan Marhum Pekan sebagai Pahlawan Nasional.

“Diketahui ANRI menyimpan data mengenai Marhum Pekan mulai dari tahun 1600. ANRI sangat mendukung dan akan membantu arsip tentang data perjuangan Marhum Pekan untuk menjadi salah satu pahlawan nasional. Setelah berdiskusi kita lanjut mencari data ke bagian arsipnya,” terangnya.

Diceritakan Ayat, sejak zaman Gubernur Soeripto nama Marhum Pekan sudah dimunculkan sebagai salah satu paglawan nasional. “Ada beberapa nama salah satunya Marhun Pekan, nah untuk saat ini kita optimis Marhum Pekan bisa dinobatkan sebagai salah satu pahlawan nasional,” ungkap Ayat Cahyadi.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam penyusunan biografi saat ini masih pada tahapan penghimpunan data, untuk itu tim TP2GD membutuhkan data-data pendukung mulai dari buku hingga surat-surat yang berkaitan dengan Marhum Pekan.

“Kalau data sudah lengkap kita akan adakan seminar daerah pada Februari mendatang, setelah itu akan ada Seminar Nasional,” pungkasnya.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+