Usaha Rinaldi Berkembang dan Ekonomi Terangkat Berkat Jadi Agen BRIlink

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:01:17 WIB Cetak

CELOTEHRIAU – Rinaldi merasa bersyukur karena langkahnya menjadi Agen BRILink ternyata tak keliru. Dengan bermitra menjadi agen laku pandai PT Bank Rakyat Indonesia BRI (Persero) usahanya jadi berkembang dan telah mengangkat perekonomian keluarga.

Berawal pada 2015 lalu H. Rinaldi ditawari menjadi mitra merchant pembayaran oleh BRI Kcp. Sorek, Kanca Pangkalan Kerinci, Kanwil Pekanbaru Rinaldi menjadi Agen BRILink.

“Waktu itu belum tahu soal Agen BRILink, awalnya takut juga karena harus ada 200 transaksi perbulan. Kalau tidak capai target bisa kena charge.Namun, ternyata masyarakat disana sudah banyak yang mengetahui informasi soal manfaat dari agen laku pandai BRI tersebut. Hal itu membuat saya memantapkan diri menjadi Agen BRILink," ujar Rinaldi.

Rinaldi saat ini memiliki toko pemasok alat dan bahan bangunan, alat tulis kantor, alat perlistrikan, hingga kebutuhan perkebunan, memakai tokonya sebagai gerai Agen BRILink. 

Awal menjadi Agen BRILink, Dia melayani rata-rata 30 transaksi perhari. Dia mengatakan bahwa volume dan nilai transaksi terus meningkat seiring berjalannya waktu. Saat ini dia melayani 100 transaksi lebih perhari. Bahkan sebagai Agen BRILink, dia mampu melayani transaksi besar.

Dia mencontohkan dapat melayani transaksi yang nilainya Rp100 juta sampai Rp400 juta. Sebabnya,  nasabah merasa pelayanan Agen BRILink prosedurnya lebih cepat. Urusan biaya transaksi menjadi tidak masalah bagi para nasabah. Kendati demikian, Rinaldi tetap menyarankan nasabah mendatangi kantor BRI terdekat sebelum melalui Agen BRILink. 

“KCP dan Unit BRI sebenarnya sangat dekat dari toko kami. Tapi nasabah mereka tidak mau antri jadi memilih ditempat saya. Padahal ke Unit BRI sekitar 100 meter ke KCP 200 meter, beda arahnya saja. Tapi nasabah lebih senang ke kami mungkin karena pelayanan atau memang itu sudah rejeki kami,” tuturnya.

Meski seringkali melayani transaksi besar, sebagai laku pandai Rinaldi tetap memfasilitasi transaksi kecil. Seperti top up e-money yang bernilai Rp50.000. Saat ini, nilai transaksi yang mampu dibukukan Rinaldi sebagai Agen BRILink bisa mencapai Rp10 miliar perbulan.

“Karena rata-rata perhari Rp300 juta itu sering, bahkan ada yang sampai Rp800 juta transaksinya perhari,” ungkapnya lagi.

Perputaran uang yang besar melalui Agen BRILink digerainya yang terletak di jalan DT Laksamana, Sorek, Kabupaten Pelalawan itu tak terlepas dari potensi ekonomi masyarakat sekitar. Dia menuturkan komoditas karet dan sawit menjadi penopang ekonomi utama disana.

“Karyawan perusahan sawit lumayan banyak. Jadi kalau gajian karyawan itu lebih senang ke kami dari pada ke ATM karena ngantri. Kadang-kadang kapasitas ATM itu mungkin Rp500 juta 1 box sebentar saja habis. Sehingga kalau gajian itu saya mau BRI menyiapkan uang tunai sampai Rp800 juta - Rp1 miliar. Jadi berapapun permintaan nasabah kami layani sehingga mereka tidak kecewa, alhamdulillah,” ungkapnya. 

Keramahan dan pelayanan prima dari Rinaldi membuahkan hasil. Pada 2017, ayah empat anak itu mengatakan mulai bisa menikmati hasil sebagai agen BRILink dengan optimal. Dia mampu memperkuat usaha tokonya. 

Menjadi agen BRILink pun menjadi sumber penghasilan tetap bagi suami dari Zurhayati tersebut. Perbulan, keuntungan terkecil sebagai agen BRILink berkisar Rp30 juta sampai Rp45 juta.

“Kami bisa membeli Mitsubishi Pajero pada 2017 dengan uang muka dan angsurannya lunas melalui keuntungan BRILink. Kami pun mencicil rumah mewah di Pekanbaru seharga Rp1 miliar. Cicilannya tinggal dua tahun lagi. Bisnis mini market kami pun berkembang,” ujarnya.

Melalui keuntungan sebagai Agen BRILink, Rinaldi pun menyisihkan sebagian untuk reward bagi nasabah setia. Dia sudah dua kali melakukan undian bagi nasabah.

“Karena dari setiap transaksi kami sisihkan Rp500. Jadi 6 bulan lalu ada 40.000 kupon nasabah dengan uang terkumpul Rp23 juta dan kami undi dengan hadiah utama sepeda motor. Sebelumnya Rp10 juta untuk apresiasi nasabah,” kata dia.

Dia berharap kerjasama dengan BRI kedepan semakin bertambah baik. Dia berharap program BRI melalui Agen BRILink bisa bertambah maju, dan jaringan transaksi bertambah sehingga nasabah semakin puas dengan layanan BRI.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+