Lantik Ketua PKK di Dayun, Rasidah Sebut PKK Mitra Pemerintah

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:04:07 WIB Cetak

CELOTEHRIAU---Keberhasilan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK secara berjenjang, dimulai dari tingkat kampung hingga kecamatan, karena PKK sesuai dengan peran dan fungsinya adalah sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan. Kemudian, keberadaan PKK  memiliki Dasa Wisma yang merupakan institusi terbawah dan terdepan terhadap pelaksanaan pembangunan melalui gerakan PKK.  

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj. Rasidah Alfedri usai menghadiri pelantikan Ketua TP PKK Kampung Banjar Seminai dan Ketua TP PKK Kampung Sialang Sakti Kecamatan Dayun di aula kantor Penghulu Banjar Seminai, Kamis 20 Januari 2022.


 
Rasidah berharap kelompok Dasawisma di setiap kampung lebih diaktifkan lagi, karena Dasawisma memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga sejahtera yang kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga.
 
"Saya ingin Dasawisma diaktifkan kembali di seluruh Kampung, karena dasawisma merupakan ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dengan pemerintah sebagai mitranya," Rasidah.
 
Tak hanya itu istri Bupati Siak ini mengatakan, gerakan PKK melalui Pokja 3 juga mampu dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Pokja 3 TP PKK membidangi tiga bidang, yaitu bidang pangan, bidang sandang, dan bidang perumahan dan tata laksana rumah tangga.

“Untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga melalui hatinya PKK. Hatinya PKK ini adalah program nasional merupakan  singkatan dari Halaman yang Asri, Teratur, Indah dan Nyaman,” jelasnya. 
Dirinya mengajak Tim Penggerak PKK kampung memanfaatkan pekarangan tempat tinggal untuk menanam aneka sayur dan buah.
Kemudian PKK kampung diminta agar bisa kreatif dan produktif, sehingga bisa mewujudkan program  satu desa satu produk yang produktif dan memilki nilai jual tinggi. 

Usai acara pelantikan ketua PKK kampung, pengurus TP PKK Kabupaten Siak memberikan pembinaan kepada pengurus PKK kampung sekecamatan Dayun. 

Karena tujuan dari pembinaan itu adalah untuk meningkatkan dan memantapkan fungsi peran kelembagaan serta untuk menumbuh kembangkan jiwa semangat pengabdian dan kepedulian terhadap masyarakat.  

Turut hadir Camat Dayun yang diwakili Kasi Pemerintahan, Babinsa, ketua PKK Kecamatan Dayun, Penghulu Banjar Seminai, Penghulu Sialang Sakti dan pengurus PKK kampung se kecamatan Dayun.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+