Joe Biden Ngotot Maju pada Pilpres AS

Senin, 08 Juli 2024 | 08:29:00 WIB

WASHINGTON - Presiden Joe Biden bersiap untuk kampanye di negara bagian Pennsylvania pada Ahad (7/7/2024) waktu AS. Pria berusia 81 tahun ini juga menegaskan, untuk tetap maju dama Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat pada November mendatang.

Biden bahkan mengatakan, dia hanya akan mengundurkan diri dari pencalonan pilpres jika Tuhan Yang Mahakuasa memerintahkannya.

Biden dijadwalkan berpidato di sebuah gereja di Philadelphia sebelum menuju acara kampanye di Harrisburg.

Presiden berusia 81 tahun itu awalnya dijadwalkan berpidato di konferensi tahunan National Education Association, tetapi dibatalkan setelah staf serikat guru mengumumkan pemogokan pada hari Jumat.

Kampanye Biden tersebut di tengah bergulirnya isu ia bakal diganti oleh Partai Demokrat, menyusul penampilannya yang gagal pada debat pertama Pilpres AS menghadapi calon dari Partai Republik Donald Trump, pada 27 Juni 2024 lalu.

Diketahui, setelah debat pilpres tersebut, hasil jajak pendapat memperlihatkan suara dukungan kepada Biden merosot. Kondisi tersebut membuat sejumlah donatur besar Demokrat menyatakan, tak akan mengeluarkan uang lagi kecuali Biden diganti dengan calon yang layak.

Media AS kini ramai melaporkan,  pihak Demokrat diam-diam kini sedang mencari calon pengganti Joe Biden untuk pilpres mendatang.

Tokoh Demokrat, pemimpin minoritas DPR Hakeem Jeffries dari New York dikabarkan berencana untuk bertemu dengan anggota legislatif dari Demokrat lainnya untuk membahas pencalonan Biden. Hingga Sabtu (6/7/2024), sudah ada lima anggota DPR Demokrat yang meminta Biden untuk mundur .

Biden pada hari Jumat duduk bersama presenter George Stephanopoulos dari ABC News untuk sebuah wawancara, di mana ia mengatakan bahwa penampilannya dalam debat yang banyak dikritik adalah akibat dari sakit.

Ia juga menambahkan hanya akan mengundurkan diri sebagai calon dari Partai Demokrat jika Tuhan Yang Mahakuasa turun tangan dan menyuruhnya untuk melakukannya.

Terkini