Mengenal Istana Dam Saksi Bisu Pengakuan Kedaulatan Indonesia dari Belanda

Mengenal Istana Dam Saksi Bisu Pengakuan Kedaulatan Indonesia dari Belanda

JAKARTA, celotehriau.com--Istana Dam atau Palesi op de Dam yang terletak di Amsterdam, Belanda, menjadi saksi bisu serah terima atau pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada 27 Desember 1949.

Kala itu, Ratu Belanda, Juliana menghadiri pengakuan kedaulatan tersebut. Sementara Indonesia yang dulu masih bernama Republik Indonesia Serikat atau RIS diwakili oleh Mohammad Hatta selaku Perdana Menteri.

Kini, Istana Dam menjadi salah satu destinasi wisata di Belanda. Bangunannya dianggap bersejarah dan merupakan kebanggaan warga Amsterdam.

Seperti dilansir Tripadvisor, usia istana tersebut diketahui sudah lebih dari tiga abad. Pada awal pembangunannya, bangunan ini difungsikan sebagai Balai Kota.

Namun saat Raja Louis memerintah pada tahun 1808, bangunan tersebut diubah menjadi istana hingga sekarang. Letak istana itu berada di kawasan Dam Square yang berada di jantung kota Amsterdam, Belanda.

Kawasan Dam Square merupakan salah satu daya tarik wisata yang sering ramai dikunjungi wisatawan. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, Istana Dam tetap terjaga keaslian dan kemegahannya.

Istana Dam identik dengan bangunan khas Eropa dengan pintu dan jendela yang tinggi, ditambah warna gelap pada dindingnya. Di bangunan utamanya, terdapat dua sayap di bagian timur dan barat.

Apabila ratu sedang tidak berada di istana, wisatawan bisa mengikuti walking tour keliling istana dan melihat dari dekat ruang-ruang di dalamnya.

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur kuno, mengunjungi Istana Dam bisa menjadi pilihan destinasi wisata apabila sedang berkunjung ke Belanda.(***)

 

Berita Lainnya

Index