Ingin Bibit Gratis? Begini Prosedurnya di BPDASHL Indragiri Rokan

Ingin Bibit Gratis? Begini Prosedurnya di BPDASHL Indragiri Rokan

CELOTEHRIAU- Untuk memperluas jangkauan rehabilitasi hutan dan lahan, sekaligus mendukung kegiatan penghijauan dengan melibatkan masyarakat hingga ke tingkat tapak, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Indragiri Rokan memiliki program bibit produktif.

''Bibit produktif merupakan bibit tanaman buah-buahan okulasi yang bersertifikat dan berlabel. Bibit ini akan diberikan secara gratis kepada masyarakat,'' kata Kepala BPDASHL Inrok, Irpana Nur, Kamis (24/11/2022).

Mekanisme mendapatkan bantuan bibit produktif dapat mengajukan permohonan kepada BPDAS Indragiri Rokan dengan melengkapi KTP dan foto lokasi tanam yang berkoordinat.

''Harus dipastikan bahwa bibit yang diberikan benar-benar ditanam. Per KTP bisa mendapatkan maksimal 25 bibit gratis. Pengajuan juga bisa melalui organisasi ataupun komunitas,'' kata Irpana.

Adapun target bibit produktif BPDASHL Inrok mencapai 63.000 batang bibit yang akan disebarkan untuk seluruh Kabupaten/Kota se Riau. Per Oktober 2022 ribuan bibit sudah diserahkan juga ke KPH dan sudah ditanam oleh masyarakat.

Bibit yang dibagikan merupakan jenis tanaman MPTS yaitu tanaman kekayuan yang bersifat multiguna karena bermanfaat dari segi ekologi maupun dari segi ekonomi, serta menghasilkan komoditas kayu dan nonkayu, sehingga petani penggarap bisa memanfaatkan komoditas nir-kayu dari tanaman MPTS yang ditanam tanpa melakukan penebangan pohon.

''Sesuai permintaan masyarakat, untuk Provinsi Riau kami menyediakan bibit gratis jenis alpukat, durian, lengkeng, mangga harum manis, manggis, jambu madu, jambu citra, jambu kristal, jeruk madu, pinang batara, rambutan binjai/brahra, dan sirsak ratu,'' tutup Irpana.*(jar)

Berita Lainnya

Index