Sanksi FIFA Hantui Indonesia: Dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sanksi FIFA Hantui Indonesia: Dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2026
Foto: SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images

SANKSI FIFA bayangi Indonesia andai gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 gegara isu penolakan kedatangan Israel. Salah satunya dicoret dari kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia sudah ajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2019. Ketika itu, rencananya ajang tersebut akan main pada 2021 tapi akhirnya diundur jadi di tahun 2023 karena pandemi Corona.

Pada prosesnya, Indonesia kalahkan Peru dan Brasil. Indonesia pun sudah berbenah untuk perbaiki sarana dan fasilitas penunjang.

Kini, Indonesia diancam dicoret selaku tuan rumah Piala Dunia U-20. Itu gegara, masifnya penolakan kedatangan Timnas Israel U-20.

Israel meloloskan timnya ke Piala Dunia U-20 pada tahun 2022. Ketika itu, mereka capai semifinal Piala Eropa U-19 dan berhak atas tiket ke Piala Dunia U-20.

Drawing Piala Dunia U-20 pada akhir Maret ini di Bali sudah dibatalkan. Maka kini, PSSI berpacu dengan waktu agar bisa melobi FIFA dan meredam isu yang ada demi keberlangsungan ajang bergengsi di dunia tersebut.

Dilansir dari AP, andai Indonesia gagal meyakinkan FIFA dan tercoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 maka siap-siap sanksi menanti. Tak ayal, nama Indonesia pun akan jadi buruk di kancah sepakbola internasional.

Salah satu sanksi berat yang diyakini akan diterima Indonesia adalah larangan bertanding di level turnamen dunia. Terdekat pada Oktober nanti, kualifikasi Piala dunia 2026 zona Asia sudah dimulai!

Indonesia bisa saja tercoret dari ajang tersebut. Yang mana tentu, itu akan jadi pukulan telak dan jadi kemunduran perkembangan sepakbola di negara ini.

Berita Lainnya

Index