Peru Resmi Mundur dari Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Peru Resmi Mundur dari Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023
Trofi Piala Dunia U-17 (c) FIFA

BADAN sepak bola dunia, FIFA membuat pengumuman penting pada hari Senin (3/4/2023). FIFA resmi mengumumkan bahwa Peru mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 2023 merupakan turnamen ke-19 yang digelar FIFA. Turnamen ini seharusnya digelar pada tahun 2021 silam, namun turnamen ini harus dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Di tahun 2023 ini, FIFA merencanakan untuk kembali menggelar turnamen elit ini. Peru masih memegang status sebagai tuan rumah, sama seperti edisi tahun 2021 yang dibatalkan FIFA.

Pada hari ini, Senin (3/4/2023) FIFA memastikan Peru tidak akan menggelar Piala Dunia U-17 2023. Otoritas tertinggi sepak bola dunia itu mengumumkan bahwa Peru mengundurkan diri sebagai tuan rumah turnamen ini.

Mengundurkan Diri

Kepastian mundurnya Peru dari tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 diumumkan langsung oleh FIFA. Melalui rilis resmi mereka, FIFA memastikan bahwa Peru tidak bisa menggelar turnamen ini.

Penyebabnya adalah pemerintah Peru dan federasi sepak bola Peru (FPF) tidak mampu mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen ini.

FIFA dalam rilis resmi mereka menilai Peru tidak mampu menyelesaikan infrastruktur itu sesuai dengan deadline yang ditetapkan. Alhasil setelah proses negosiasi yang cukup panjang, Peru mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Segera Pilih Host Baru

Dalam keterangan resmi mereka, FIFA telah menerima pengunduran diri Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. FIFA juga memastikan mereka akan segera menunjuk tuan rumah baru untuk turnamen ini.

Dalam rilis mereka, FIFA akan tetap menggelar Piala Dunia U-17 2023 pada tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023. Jadi mereka mencari tuan rumah baru yang siap untuk menyelenggarakan turnamen ini.

FIFA menyebut bahwa mereka akan segera menggelar rapat dengan instansi-instansi terkait untuk menentukan siapa tuan rumah baru turnamen ini pengganti Peru.

Kesempatan Bagi Indonesia?

Mundurnya Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menjadi secercah harapan bagi Indonesia untuk menggulirkan turnamen elit tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia seharusnya menggelar Piala Dunia U-20 2023 pada bulan Mei-Juni 2023 mendatang. Namun status tuan rumah Indonesia dicabut FIFA baru-baru ini.

Secara infrastruktur, Indonesia siap untuk menggelar turnamen ini. Karena enam stadion di Indonesia sudah diinspeksi FIFA dan sebagian sudah memenuhi standar FIFA dan sebagian lainnya masih membutuhkan perbaikan kecil untuk bisa menggelar turnamen internasional.

Selain itu, Piala Dunia U-17 ini akan minim penolakan. Pasalnya, Timnas Israel U-17 dipastikan tidak lolos ke putaran final turnamen ini, sehingga penolakan yang terjadi di Piala Dunia U-20 tidak akan didapatkan di turnamen ini.

Berita Lainnya

Index