12 Penumpang Kapal Evelyn Calisca 01 Ditemukan Meninggal Dunia

12 Penumpang Kapal Evelyn Calisca 01 Ditemukan Meninggal Dunia

PEKANBARU - Speedboat (SB) Evelyn Calisca 01 yang mengangkut puluhan penumbang terbalik di perairan Air Tawar perbatasan antara Kecamatan Kateman dan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (27/4/2023) sekitar pukul 13.40 WIB. Polisi menyebut, 12 orang korban ditemukan meninggal dunia.

Kapolres Inhil AKBP Norhayat Sahmad turun langsung melakukan pencarian korban bersama Basarnas, dan masyarakat. Kapal Evelyn Calisca 01 berlayar dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan menuju Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Norhayat membutuhkan waktu 3 jam perjalanan menuju lokasi kejadian dengan kapal cepat Polairud. Dia membawa anak buahnya untuk misi penyelamatan.

"Speedboat terbalik di perairan Air Tawar Kecamatan Kateman perbatasan dengan Pulau Burung, setelah kurang lebih 4 jam meninggalkan pelabuhan Pelindo Tembilahan," ujar Norhayat.

Data sementara, 12 orang penumpang meninggal dunia di antaranya anak-anak, balita dan dewasa. "Data terkonfirmasi saat ini sebanyak 12 orang meninggal dunia, terkait perkembangan lainnya akan segera diinformasikan," kata Norhayat.

Norhayat menyebut, sejumlah penumpang sudah dievakuasi ke RSUD Raja Musa Kecamatan Kateman. Untuk korban lainnya masih dalam pencarian. "Saya berharap penumpang speedboat Evelyn Calisca 01 seluruhnya segera ditemukan," harap Norhayat.

Norhayat menjelaskan, kapal Evelyn Calisca 01 ditarik oleh kapal masyarakat setempat menuju Pelabuhan Sungai Guntung pada pukul 17:30 WIB, untuk mempermudah pencarian korban.

Terkait, penyebab kapal cepat tersebut tenggelam, Norhayat belum bisa memastikannya. "Saat ini kami masih fokus pada penyelamatan dan pencarian para korban," tutur Norhayat.

Norhayat mengingatkan kepada pemilik kapal dan nakhoda agar mengutamakan keselamatan penumpang untuk menghindari peristiwa serupa tidak terulang lagi.

Berita Lainnya

Index