Selamat! Napoli Juara Liga Italia 2022/2023

Selamat! Napoli Juara Liga Italia 2022/2023
Salah satu bendera milik pendukung Napoli. Angka 3 berarti gelar Liga Italia ketiga untuk Napoli dan angka 2022/2023 merujuk pada tahun saat Napoli mendapatkan gelar ketiga tersebut. (c) AP Photo/La Presse/Alessandro Garofalo

ITALIA - Napoli akhirnya mengunci Scudetto yang dinanti-nanti pada pekan ke-33 Liga Italia 2022/2023. Napoli dipastikan jadi penguasa Italia musim ini setelah menahan imbang Udinese 1-1 di Dacia Arena, Jumat (5/5/2023) WIB.

Tambahan satu poin itu sudah cukup bagi Victor Osimhen dkk menjaga puncak klasemen. Meskipun, kompetisi masih menyisakan lima laga.

Koleksi 80 poin yang telah dikemas Napoli dari 33 laga dipastikan tidak bisa dikejar oleh tim manapun. Lazio yang ada di peringkat ke-2 baru mengoleksi 64 poin.

Jarak yang begitu jauh menunjukkan dominasi sekaligus konsistensi skuad besutan Luciano Spalletti sepanjang musim. Tim berjuluk Partenopei itu baru kalah tiga kali.

Penantian 33 Tahun

Bagi Napoli, gelar ini adalah gelar yang mereka nantikan cukup lama. Bagaimana tidak, terakhir kali Napoli menjadi penguasa Italia terjadi pada tahun 1990.

Itu berarti sudah 33 tahun semenjak momen bersejarah tersebut, Napoli baru bisa menasbihkan diri lagi sebagai juara.

Selama penantian itu pula, Napoli yang jadi saksi betapa Italia hanya di bawah kuasa tiga tim besar. Juventus, Inter Milan, dan AC Milan saja yang mampu jadi juara dalam 19 tahun terakhir. Lalu Napoli meruntuhkan dominasi tiga kekuatan utama tersebut.

Gelar Ketiga

Selain gelar juara di tahun 1990, Napoli juga pernah menang tiga tahun sebelumnya atau di tahun 1987. Dua-duanya terjadi di masa Diego Maradona masih aktif membela Napoli.

Dengan kata lain, gelar yang direngkuh Napoli di tahun ini adalah gelar ketiga klub sepanjang masa.

Berita Lainnya

Index