24 Mei, Jemaah Calon Haji Asal Riau Mulai Berangkat ke Tanah Suci

24 Mei, Jemaah Calon Haji Asal Riau Mulai Berangkat ke Tanah Suci

PEKANBARU - Jemaah Calon Jemaah Haji (JCH) asal Provinsi Riau tahun 2023 akan terbangkan dalam 13 kloter penuh dan 1 kloter gabungan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Mahyudin. Dia mengatakan, JCH asal Riau terdapat penambahan kloter dari semula yang hanya 11 kloter penuh dan 1 kloter gabungan.

"Ini karena terdapat pengurangan jumlah seat dalam pesawat yang akan mengakut jemaah menuju Arab Saudi yang semulanya untuk 450 seat menjadi 374 seat," kata Mahyudin.

Mahyudin menjelaskan, JCH asal Riau direncanakan akan masuk Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau pada tanggal 23 Mei 2023, dan akan diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim Batam pada tanggal 24 Mei 2023.

"Calon Jemaah haji Riau yang masuk pada gelombang pertama akan diberangkatkan dari Embarkasi Batam menuju Madinah pada tanggal 24 Mei 2023," terangnya.

Dengan begitu, maka sehari sebelumnya jemaah sudah harus masuk ke asrama EHA Riau untuk mendapatkan kelengkapan keberangkatan berupa gelang identitas, paspor dan visa, living cost, cek kesehatan dan pembinaan manasik haji sebelum keberangkatan.

"Provinsi Riau akan memberangkatkan kuota prioritas lansia sebanyak 252 jemaah, jika digabung dengan jamaah lansia yang belum berangkat karena pengaruh Covid-19, dan ditambah dengan kuota tahun ini berjumlah 1.574 jamaah, dengan membutuhkan kursi roda sebanyak 112 jamaah," tukasnya.

Berita Lainnya

Index