Dinas PUPR Riau Gandeng Masyarakat Sekitar Cegah Aksi Pencurian Meterial Jembatan Siak IV

Dinas PUPR Riau Gandeng Masyarakat Sekitar Cegah Aksi Pencurian Meterial Jembatan Siak IV

PEKANBARU, CELOTEHRIAU.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau mengandeng masyarakat yang berada di sekitar Jembatan Siak IV untuk bersama-sama menjaga material jembatan yang diberinama Marhum Bukit tersebut. Peran serta masyarakat sekitar sangat dibutuhkan untuk menjaga aset tersebut sebab masyarakat yang ada disekitar jembatan tersebut lah yang bisa memantau setiap saat jika ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab gerak-geriknya mencurigakan.

Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Eko Purwanto, Kamis (18/4/2019) mengungkapkan, banyaknya komponen Jembatan Marhum Bukit seperti baut, kabel penangkal petir dicuri maling, pihaknya mengimbau agar masyarakat sama-sama menjaga aset jembatan tersebut. 

"Atas kejadian hilangnya komponen jembatan Marhum Bukit, sejauh ini kami bekerjasama dengan masyarakat setempat, agar jembatan sama-sama kita jaga," katanya. 

Sejauh ini pihaknya sudah melalukan komiunikasi dengan masyarakat yang berada sekitar jembatan Marhum Bukit. Masyarakat sekitar pun  berkomitmen menjaga aset jembatan tersebut. Tidak hanya itu, masyarakat sekitar pun siap mengamankan pelaku pencuri material jembatan Marhum Bukit tersebut. 

"Mari sama-sama kita jaga aset jembatan ini. Karena kalau komponen dari jembatan ini dicuri itu sangat berbahaya. Karena daya dukung dan kekuatan jembatan berkurang," ujarnya.

Berdasarkan hasil pendataan sementara yang dilakukan Dinas PUPR, jumlah baut Jembatan Siak IV yang hilang dicuri maling sebanyak 45 unit. Rincianya 43 baut diposisi girder dan 2 unit di balok penahan.

Berita Lainnya

Index