Selangkah Lagi, Timnas U-22 Rengkuh Medali Emas Setelah Puasa Tiga Dekade, Ayo Garuda Muda !

Selangkah Lagi, Timnas  U-22 Rengkuh Medali Emas Setelah  Puasa Tiga  Dekade, Ayo Garuda Muda !
FOTO : INTERNET

OLEH : YUDI WALDI

 

TIMNAS  Indonesia U-22 sukses menjaga asanya untuk meraih medali emas SEA Games 2023. Setelah  difase semifinal menumbangkan perlawanan Vietnam besutan Philippe Troussier dengan skor 3-2.

Tiga gol skuad Garuda Muda besutan Indra Sjafri pada laga ini dicetak oleh Komang Teguh (9’), Muhammad Ferarri (53’), dan Muhammad Taufany Muslihuddin (90+5’). Adapun dua gol balasan Vietnam dicetak oleh Nguyen Van Tung (35’) dan bunuh diri Bagas Kaffa (78’).

Pada laga yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023) ini, Timnas Indonesia U-22 memang harus susah payah mengalahkan Vietnam karena sempat saling berbalas gol.Bahkan sempat kehilangan full back kiri andalan  Arham Pratama yang mendapatkan kartu merah pada menit ke 60.

Pada laga dengan tempo sedang ini, selain aksi berbalas gol sepanjang pertandingan, ada sejumlah momen-momen yang cukup menegangkan. Tensi tinggi yang mewarnai duel ini juga sempat menghasilkan friksi antara kedua kubu.

Laga final Indonesia merupakan kedelapan kalinya  di ajang SEA Games 2023. Sebelumnya, kali terakhir tim Merah Putih berhasil meraih pencapaian serupa pada edisi 2019.Keberhasilan lolos ke final ini menjadi peluang besar bagi anak asuh Indra Sjafri untuk mengakhiri puasa panjang  medali emas di SEA Games sejak tahun 1991 lalu.

Kemenangan ini juga menjadi rekor tersendiri bagi anak-anak Garuda Muda besutan pelatih kelahiran Lubuk Nyiur Pesisir Selatan 60 tahun lalu.Tercatat Witan Sulaiman dan kawan-kawan sudah membukukan 5  kemenangan.Empat  hasil positif di babak penyisihan dan satu di babak semifinal.

Indonesia yang tergabung di grup A  bersama Myanmar, Kamboja, Timor Leste dan Filipina berhasil menjadi juara grup dengan 12 poin.  Sebanyak 13 gol dan satu gol kebobolan dibukukan . Total dengan laga semifinal tercatat sudah 16 gol berhasil diciptakan dan sudah tiga gol gawang Indonesia dibobol lawan

Hasil ini diharapkan menjadi motivasi lebih bagi tim Garuda Muda U 22 untuk menyapu bersih kemenangan seperti yang dilakukan skuad 1991. Tak peduli lawan siapa di final, Thailand atau Myanmar, optimisme dan semangat 1991 harus dikobarkan.

Untuk diketahui medali emas tahun 1991 di SEA Games yang diraih  di Manila timnas Garuda dibesut ole pelatih Rusia Anatoli Gyodorivh Polosin.

Timnas 1991 ini  merupakan perpaduan pemain junior dan senior. Sebut saja Sudirman, Rochi Putiray, Widodo Cahyono Putro, hingga Peri Sandria mewakili pemain junior dipadukan  beberapa pemain senior macam Robby Darwis, Hanafing, Eddy Harto, dan juga sang kapten, Ferril Raymond Hattu.

Kombinasi pemain junior dan senior itu terbukti berjalan baik. Dengan tempaan keras Polosin, Timnas Indonesia tampil impresif di SEA Games edisi ke-16 tersebut.

Meski lebih mengandalkan permainan fisik ketimbang menerapkan gaya penampilan indah, Tim Garuda mampu tampil gemilang. Timnas Indonesia tak sekalipun menelan kekalahan, dan berhasil meraih medali emas SEA Games 1991.

Final kedua bagi Indra Sjafri ini setelah SEA Games 2019 menjadi motivasi berlipat bagi para staf pelatih dan pemain untuk mewujudkan puasa panjang medali emas yang sudah tiga dekade.Semoga !

Berita Lainnya

Index