Final Europa Conference League 2022/2023: Fiorentina Vs West Ham

Final Europa Conference League 2022/2023: Fiorentina Vs West Ham
Fiorentina ke Final Europa Conference League 2022/2023 (AP/Ennio Leanza

CELOTEHRIAU - Lengkap sudah finalis Europa Conference League 2022/2023. Fiorentina akan berduel dengan West Ham United.

Fiorentina jadi tim terakhir yang memastikan tiket partai puncak usai melewati adangan FC Basel FC Basel pada leg kedua Semifinal Conference League, Jumat (19/5/2023) dini hari WIB.

Mengejar ketertinggalan 1-2 dari leg pertama, Fiorentina bermain agresif sejak menit awal. Basel berupaya mempertahankan keunggulan sekaligus jadi tim Swiss pertama yang melaju ke final kompetisi Eropa.

Fiorentina menyamakan agregat 2-2 setelah Nico Gonzalez menjebol gawang Basel pada menit ke-35. Tandukan Nico meneruskan umpan silang Christian Biraghi mengarah ke pojok gawang Marwin Hitz.

Unggul 1-0 membuat Fiorentina lebih agresif di babak kedua dan berupaya menambah keunggulan. Basel malah menyamakan skor 1-1 pada menit ke-55 lewat sepakan melengkung Zeki Amdouni di kotak penalti yang tak kuasa dihalau Pietro Terracciano.

Fiorentina unggul lagi pada menit ke-72 ketika Nico membuat gol keduanya. Bola yang membentur pemain Basel mengarah ke Nico dan langsung disepak ke gawang Hitz.

Skor 2-1 bertahan hingga waktu normal habis dan pertandingan lanjut ke babak extra time 2x15 menit. Pertandingan sepertinya bakal dituntaskan dengan adu penalti karena selama 30 menit, tidak ada gol tercipta.

Fiorentina lantas membuat publik tuan rumah terdiam setelah Antonin Barak menjebol gawang Hitz pada menit kesembilan injury time babak kedua perpanjangan waktu!

Sepakan Nico ditepis Hitz tapi bola rebound disundul Luka Jovic ke arah Barak yang langsung menyepaknya ke gawang. VAR sempat mengecek gol karena potensi terjadi pelanggaran, sebelum disahkan dan Fiorentina lolos ke final dengan kemenangan 3-1 sekaligus unggul agregat 4-3.

Final Europa Conference League yang mempertemukan Fiorentina vs West Ham akan dihelat di Fortuna Arena, Praha, 7 Juni. Ini jadi final kelima Fiorentina di kompetisi Eropa sekaligus yang pertama sejak Piala UEFA 1989/1990 kontra Juventus.

Berita Lainnya

Index