PPDB Tahun 2023 Sudah Dekat, Ini Pesan DPRD Riau

PPDB Tahun 2023 Sudah Dekat, Ini Pesan DPRD Riau

PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 sudah dekat. Komisi V DPRD Riau mengingatkan agar tidak ada permainan apalagi sogok menyogok.

Anggota Komisi V DPRD Riau Arnita Sari mengingatkan kepala sekolah dan wali murid tidak melakukan praktik seperti itu. Ia tidak ingin, PPDB tahun ini banyak persoalan seperti tahun sebelumnya.

"Kami tak ingin ada mendengar kata sogok menyogok di PPDB SMA/SMK," kata Arnita, Jumat (19/05/2023).

Politisi PKS ini mengatakan, Komisi V DPRD Riau dan Disdik selalu berkoordinasi untuk masalah PPDB yang dalam waktu dekat akan dimulai.

Sebelumnya, Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati Rahmat juga menyoroti persoalan PPDB, seperti masalah jalur zonasi. Ia mengatakan, legislatif ingin memastikan jalur zonasi betul-betul mengakomodir anak-anak tempatan. Ia juga menegaskan, jalur zonasi ini harus dibuka seluas-luasnya.

"Kita pastikan radius setiap sekolah itu harus dibuka seluas-luasnya. Contoh SMA Negeri 4 Pekanbaru," kata Ade.

Lanjut Ade, lokasi SMA 4 ini beririsan dengan Kelurahan Maharatu, beririsan dengan Kelurahan Sidomulyo Timur, beririsan dengan Kelurahan Perhentian Marpoyan. Kalau ditarik lagi sedikit beririsan dengan Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tuah Madani.

"Kita berharap di Juknis disampaikan, terkait zonasi radius itu maka kepala sekolah diminta untuk mendiskusikan dengan forum RT RW, kemudian lurah setempat, tokoh masyarakat setempat. Sehingga anak-anak tempatan itu betul-betul terjaring," kata Ade.

Ia mengingatkan, persoalan PPDB khususnya jalur zonasi ini jangan sampai seperti tahun lalu. Anak-anak yang berada di belakang dan depan sekolah tidak bisa masuk.

"Ini yang harus didiskusikan bersama, terkait zonasi. Karena kan jalur zonasi itu mengisi 50 persen dari kuota PPDB. Ini yang harus kita sepakati bersama," kata dia.

Ia berharap, jalur zonasi ini seperti lingkar obat nyamuk. Disdik harus memperhatikan dan betul-betul teliti dalam menjaring peserta didik yang masuk melalui jalur zonasi.

"Jalur zonasi itu kita harapkan seperti lingkaran obat nyamuk. Ketika lingkar pertama belum mencukupi kuota, maka dibuka lagi ke lingkar selanjutnya. Sampai kuotanya terpenuhi," kata dia.

Berita Lainnya

Index