JCH Riau sudah Tiba di Madinah

JCH Riau sudah Tiba di Madinah

PEKANBARU  - Kepala Bidang (Kabid) Haji Kemenag Provinsi Riau, Syahrudin mengatakan, sebanyak 374 Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter Pertama Riau yang tergabung dalam kloter dua Batam (BTH) dari Kota Pekanbaru saat ini sampai ke Kota Madinah.

Dari laporan petugas haji yang diterima Kanwil Kemenag Riau seluruh JCH kloter 1 Riau dalam kondisi sehat seluruhnya dan sedang melaksanakan ibadah arbain.

Ibadah arbain adalah salat sebanyak 40 kali berturut-turut selama delapan atau sembilan hari di Masjid Nabawi Madinah.

"Jamaah haji Riau ini menginap di Hotel Grand Plaza Badr Al Hakam, berjarak lebih kurang 50 meter dari Masjid Nabawi, berada tepat di depan pintu 338. Sehingga cukup memudahkan jamaah untuk menuju ke Masjid Nabawi setiap waktu," katanya, Jumat (26/5/2023).

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan Arbain ini, jamaah dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri melaksanakan secara penuh jika dalam kondisi kurang sehat agar tidak jatuh sakit dan dapat melaksanakan ibadah umrah dan ibadah sunnah lainnya sebagai rangkaian perjalanan ibadah haji 1444H.

Syahrudin mengatakan, berdasarkan laporan yang pihaknya terima dari petugas haji di Arab Saudi, saat ini suhu udara di kota Madinah saat ini berkisar 40 derajat celcius.

Mengingat cuaca yang begitu panas jika dibandingkan dengan cuaca di tanah air, pihaknya mengimbau kepada seluruh JCH Riau agar memperbanyak minum air putih -air zam-zam- untuk menghindari dehidrasi.

"Kemudian aktif menggunakan semprotan air untuk menghindari kekeringan pada wajah dengan suhu yg cukup terik tersebut dengan alat kesehatan yg sudah diberikan kepada jamaah saat berada di EHA Propinsi Riau," cakapnya.

Selain itu, jamaah juga diimbau untuk banyak makan buah-buahan, minum vitamin dan istirahat yangg cukup agar tidak kelelahan dan dapat menjalankan ibadah sunnah lainnya.

Selain itu, kondisi fisik yang fit dibutuhkan JCH agar dapat mengikuti tur ziarah di Kota Madinah, seperti Masjid Quba, Kebun Kurma, Baqi, Bukit Uhud dan tempat ziarah lainnya di kota Madinah sesuai jadwal yang ditetapkan petugas haji.

Sementara untuk JCH Riau yang akan diberangkatkan pada Jumat (26/5/2023) melalui EHA Riau adalah JCH asal Kabupaten Inhil. Mereka akan diterbangkan menuju ke arab saudi Jumat (26/5/2023) melalui Bandara Hang Nadim Batam.Sedangkan untuk JCH yang hari ini masuk ke EHA Riau adalah JCH dari Kabupaten Kampar berjumlah sebanyak 374 orang.

Berita Lainnya

Index