Jelang Idul Adha, Distankan Pekanbaru akan Periksa Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Distankan Pekanbaru akan Periksa Hewan Kurban

PEKANBARU - Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru akan melakukan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan hewan kurban dilakukan minimal dua pekan sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

Kepala Distankan Pekanbaru, Firdaus mengatakan pemeriksaan yang dilakukan berupa pengecekan administrasi hingga pada kesehatan hewan kurban.

"Saat ini kita masih melakukan rapat internal untuk pengawasan hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru," ujar Firdaus, Sabtu (27/5/2023).

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan jika hewan kurban yang masuk sudah 60 persen.

"Untuk kegiatan (pemeriksaan hewan kurban) itu memang kita masih rapat internal. Karena ternak-ternak atau hewan kurban baru masuk ke wilayah kita. Kalau nanti sudah diperkirakan di atas 60 persen, kita turun bersama untuk pengecekan, paling tidak H-14 hari lah kita turun," ungkapnya.

Ia mengatakan, pemeriksaan yang akan dilakukan nantinya berupa pemeriksaan administrasi dan fisik.

"Pemeriksaan administrasi berkaitan dengan surat izin masuknya, terutama hewan kurban dari luar daerah. Sementara pemeriksaan fisik berkaitan dengan kesehatannya," cakapnya.

Bagi pemilik ternak yang tidak memiliki administrasi yang lengkap, maka peternak diminta untuk melakukan uji labor ulang.

"Kalau tidak lengkap ya harus ulang uji labor lah. Kemudian uji ulang, kalau memang nanti hasil labornya ada yang terindikasi penyakit menular ya harus kembali ke asal. Kalau memang sehat, ya dilanjutkan untuk penyembelihan atau dijual jadi hewan kurban," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index