Bayern Munchen Berpesta Juara Dimenit Terakhir

Bayern Munchen Berpesta Juara Dimenit Terakhir

JERMAN - Akun twitter @BVB milik Borussia Dortmund mengunggah emoji bersedih dan murung setelah pertandingan melawan Mainz di kandang sendiri berakhir imbang 2-2, Sabtu (27/5/2023) malam WIB.

Unggahan tersebut memastikan klub yang identik warna kuning tersebut gagal merebut gelar juara Bundesliga musim 2022-2023 setelah pesaing utama mereka, Bayern Munchen memenangkan laga dengan skor akhir 2-1, pada laga pemungkas.

Ya, hasil imbang tersebut memupus harapan fans Die Borussen mengakhiri dominasi Bayern Munchen di Bundesliga. Padahal Dortmund digadang-gadang menjadi kampuin liga musim ini dan fan mereka telah menyiapkan pesta juara.

Pada klasemen akhir Bundesliga, Bayern Munchen memastikan gelar juara dengan poin 71, menang selisih gol dari Dortmund yang berada di peringkat kedua.

Bermain di Signal Iduna Park, Sabtu (27/5/2023), Mainz berhasil mengejutkan tuan rumah Dortmund dengan unggul lebih dulu di menit ke-15. Andreas Hanche-Olsen menuntaskan sepak pojok Edimilson Fernandes dengan sundulan yang sukses membobol gawang Gregor Kobel.

Dortmund mendapat kans lewat penalti di menit ke-19 usai Dominik Kohr melanggar Raphael Guerreiro di kotak terlarang. Sebastien Haller maju sebagai eksekutor, namun tembakannya ditepis oleh Dahmen.

Sial bagi Dortmund, Mainz kembali membobol gawang mereka di menit ke-24. Umpan silang Lee Jae-sung dari sisi kiri dituntaskan Karim Onisiwo dengan sundulan yang sempat ditepis Kobel, namun bola tetap bergulir masuk. Skor menjadi 2-0 untuk tim tamu.

Dortmund yang butuh kemenangan terus mencari gol. Julian Brandt mendapat dua peluang bagus di menit ke-34, namun bisa diamankan Dahmen. Tembakan kaki kiri Guerreiro di menit ke-43 juga belum tepat sasaran.

Brandt kembali mendapat peluang di menit ke-44, tetapi tembakannya lagi-lagi dihalau Dahmen. Sementara sundulan Malen di injury time membentur tiang gawang. Skor 2-0 untuk Mainz menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Mainz nyaris menambah skor lewat tembakan kaki kanan Lee di menit ke-46, namun melebar ke sisi kanan gawang. Dua menit berselang, pemain Korea Selatan itu kembali gagal mencetak gol usai tembakannya diblok Kobel.

Brandt untuk ketiga kalinya gagal membobol gawang Mainz saat tembakan jarak jauhnya di menit ke-53 berhasil diamankan Dahmen. Hampir saja tim tamu mencetak gol ketiga di menit ke-57 lewat Onisiwo, namun tembakan kaki kanannya membentur tiang.

Dalam situasi terdesak, Dortmund memasukkan Giovanni Reyna di menit ke-63. Hasilnya, pemuda Amerika Serikat itu berhasil membantu tuan rumah memecah kebuntuan di menit ke-69.

Umpan satu-dua Reyna dan Guerreiro diselesaikan nama terakhir dengan tembakan ke sudut kiri gawang yang sempat membentur tiang lebih dulu sebelum bersarang di gawang Mainz. Skor menjadi 1-2.

Gol tersebut memacu semangat Dortmund. Haller nyaris mencetak gol di menit ke-76, namun sundulannya dihalau Dahmen. Kiper 25 tahun itu juga menahan sundulan Reyna di menit ke-78.

Dortmund baru berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-90+6 lewat tembakan Niklas Sule, namun itu sudah terlambat. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang.

Dortmund finis kedua dengan 71 poin, namun hanya memiliki selisih gol +39. Sedangkan Bayern memiliki 71 poin namun memiliki selisih gol +54, sehingga berhak menjadi juara Bundesliga 2022-23.***

Berita Lainnya

Index