Perbaikan Jalan Parit Indah Pekanbaru Sudah Dimulai

Perbaikan Jalan Parit Indah Pekanbaru Sudah Dimulai

PEKANBARU - Setelah menunggu sekian lama, akhirnya perbaikan jalan Parit Indah Pekanbaru sudah dimulai hari ini, Sabtu (27/5/2023). Hari ini alat berat sudah mulai bekerja di lokasi tersebut.

Plt Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Edward Riansyah mengatakan hari ini telah dilaksanakan perbaikan dengan pemasangan lapisan pondasi agregat Base A titik ruas jalan rusak depan STIKES Al Insyirah.

"Setelah ini akan dilanjutkan ke beberapa titik ruas yang mengalami kerusakan parah lainnya," ujar Edward Riansyah, Sabtu (27/5/2023).

Ia mengatakan perbaikan jalan ini adalah salah satu jalan yang diperbaiki dari Bantuan Keuangan Provinsi Riau yang termasuk dalam Perencanaan Pembangunan Strategis Kota Pekanbaru dibawah komando Pj Walikota Pekanbaru Muflihun.

"Jadi memang setelah tahapan administrasi selesai, kemudian juga tahapan rekayasa lapangan juga sudah selesai dan tahapan lainnya akhirnya hari ini kita sudah mulai melakukan perbaikan," Cakapnya.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan permohonan maaf apabila untuk sementara waktu akses jalan Parit Indah terganggu.

"Untuk itu kedepannya kami mohon maaf apabila akses Jalan Parit Indah tepatnya di Simpang lampu merah Labersa - kantor Pengadilan Agama sementara waktu terganggu aktivitasnya. Kami menyarankan agar dapat menempuh rute alternatif yakni via Jalan Kesadaran - Rawamangun," ungkapnya.

Harapannya semoga perbaikan jalan dapat berjalan dengan baik dan lancar, demi Pekanbaru Bertuah yang kembali menuju Kota impian masyarakat yang sejahtera. "Kami harapkan dukungan dari seluruh masyarakat Pekanbaru, semoga semuanya dilancarkan," pungkasnya.

Sebagai informasi untuk panjang jalan parit indah yang akan dioverlay lebih kurang 2 Kilometer. Untuk penanganan ada tiga angka, untuk yang pertama itu 1.680 x 11 meter untuk yang dari Sudirman, kemudian ada yang 318 x 6 Meter dan selanjutnya 50x7.5 Meter.

Adapun untuk pagu anggaran Rp5.3 Miliar. Ini berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi Riau.

Tahun ini Pemerintah Provisi (Pemprov) Riau mengalokasikan dana bantuan keuangan (Bankeu) untuk perbaikan jalan rusak yang ada di Kota Pekanbaru.

Untuk perbaikan jalan tersebut, Pemko Pekanbaru akan mendapat bantuan dari provinsi sebesar Rp13 miliar.

Anggaran tersebut bukan hanya untuk jalan Parit Indah, namun juga digunakan untuk perbaikan ruas jalan lainnya. Ruas jalan tersebut diantaranya Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, kemudian Jalan Pemuda, Tampan di Kecamatan Payung Sekaki.

Selain bantuan dari Bankeu provinsi, Pemerintah Kota Pekanbaru juga akan melakukan overlay tiga ruas jalan tahun ini. Tiga jalan itu yakni Jalan Suka Karya, Delima dan Dahlia.

Tiga ruas itu diperbaiki dengan menggunakan anggaran Pemko Pekanbaru melalui Dinas PUPR.

Berita Lainnya

Index