1.462 JCH Riau Tiba di Madinah

1.462 JCH Riau Tiba di Madinah

PEKANBARU - Sebanyak 1.462 orang Jemaah Calon Haji (JCH) ditambah 20 petugas kloter dan 8 petugas haji daerah Provinsi Riau telah tiba di Arab Saudi, Ahad (28/5/2023).

Terakhir JCH Riau yang tiba di Arab Saudi adalah JCH kloter ke 4 Riau atau kloter 7 BTH. JCH dari Kabupaten Kampar ini diberangkatkan dari Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, Sabtu (27/5/2023). Jumlah JCH kloter 7 BTH atau kloter ke 4 Riau asal Kabupaten Kampar ini sebanyak 370 orang jemaah dan petugas.

Rencana awal jumlah JCH kloter 4 Riau ini berjumlah 374 orang akan tetapi terdapat empat orang yang gagal berangkat. Mereka yang batal berangkat ini ada yang karena sakit dan mengundurkan diri. Sehingga jumlahnya menjadi 370 orang Jemaah. Rinciannya, 363 orang JCH regular, 5 orang petugas Kloter dan  2 orang petugas haji daerah. 

Jemaah Haji Kloter BTH 7 atau Kloter 4 Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau diberangkatkan ke Bandara Hang Nadim Batam dengan 2 kali penerbangan, untuk selanjutnya diberangkatkan ke Madinah dengan penerbangan Saudia Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5085. 

Jemaah ini akan kembali ke tanah air dengan penerbangan Saudi Arabian AirLines dengan nomor penerbangan SV 5028 pada tanggal 7 Juli 2023 Jam 09.20 Wib (sampai di Batam) dan selanjutnya akan diterbangkan ke Pekanbaru dengan 2 kali penerbangan.

Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Mahyuddin berpesan kepada petugas haji baik kloter maupun petugas daerah untuk memberikan layanan terbaik kepada para jemaah. Khususnya para jemaah yang usianya sudah lanjut.

Sementara kepada para jemaah calon haji, Mahyudin mengingatkan agar melaksanakan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan baik dan benar.

"Luruskan niat , jangan sampai kita salah niat ketika berangkat memenuhi panggilan Allah SWT, karena jemaah calon haji ini merupakan orang-orang terpilih dan dipilih untuk menjadi tamunya Allah SWT. Jangan ada buruk sangka dan pasrahkan semua yang akan kita kerjakan dan yang kita tinggalkan hanya kepada Allah SWT," pintanya. 

Mahyudin menjelaskan, saat ini para JCH Rau yang sudah sampai tanah suci sudah mulai melaksanakan ibadah Arbain. Rangkaian ibadah haji ini sudah mulai dilaksanakan sejak, Kamis (24/5/2023) kemarin hingga Selasa (30/5/2023) mendatang. 

"Kami mengimbau kepada para jemaah calon haji untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah arbain secara penuh jika dalam kondisi kurang sehat agar tidak jatuh sakit," ungkapnya.

Berdasarkan laporan yang diterima Kemenag Riau dari petugas haji di Arab Saudi, saat ini suhu udara di kota Madinah saat ini berkisar 40 derajat celcius. Mengingat cuaca yang begitu panas jika dibandingkan dengan cuaca di tanah air, pihaknya mengimbau kepada seluruh JCH Riau agar memperbanyak minum air putih dan air zam-zam untuk menghindari dehidrasi.

"Kemudian aktif menggunakan semprotan air, untuk menghindari kekeringan pada wajah dengan suhu yang cukup terik tersebut dengan alat kesehatan yang sudah diberikan kepada jamaah saat berada di EHA Provinsi Riau," ujarnya.

Selain itu, jamaah juga diimbau untuk banyak makan buah-buahan, minum vitamin dan istirahat yang cukup agar tidak kelelahan dan dapat menjalankan ibadah sunnah lainnya.

"Sebab kondisi fisik yang fit dibutuhkan JCH, agar dapat mengikuti tur ziarah di Kota Madinah, seperti Masjid Quba, Kebun Kurma, Baqi, Bukit Uhud dan tempat ziarah lainnya di kota Madinah sesuai jadwal yang ditetapkan petugas haji," tukasnya.

Berita Lainnya

Index