Mulai Besok Layanan MPP Tutup, Buka Lagi 5 Juni 2023

Mulai Besok Layanan MPP Tutup, Buka Lagi 5 Juni 2023

PEKANBARU - Seluruh layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru tutup sementara terhitung mulai Kamis (1/6/2023) hingga Minggu (4/6/2023). Layanan di MPP Pekanbaru tutup seiring hari libur nasional dan cuti bersama.

"Karena sudah ada edarannya terkait libur dan cuti bersama, maka untuk sementara pelayanan mengikuti. Hari Kamis dan Jumat libur nasional dan cuti bersama, Sabtu dan Minggu libur akhir pekan, untuk itu kita buka lagi Senin (5/6/2023) mendatang," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Akmal Khairi, Rabu (31/5/2023).

Ia mengatakan untuk saat ini pelayanan di MPP Pekanbaru pasca kebakaran sudah berjalan normal dan kembali ramai.

"Bahkan kemarin kita dikunjungi salah satu deputi pelayanan KemenpanRB. Beliau melihat keberadaan MPP, mereka juga merasa kaget dan heran, ternyata Pekanbaru tak seperti yang dibayangkan. Pelayanan sudah ada (pasca kebakaran) dan sama dengan kabupaten lain," cakapnya.

"Artinya MPP tidak kalah dengan kabupaten/kota lain. Sebelum gedung utama terbakar, kita punya sarana dan prasarana yang luas, kitalah yang terlengkap dan terbaik. Tapi untuk saat ini katanya kita masih bisa bersaing, seperti itu," imbuhnya.

Lebih lanjut Akmal mengatakan untuk saat ini sudah ada 20 tenant pelayanan yang bergabung di MPP gedung C dan ini sudah full. Dan 20 tenant ini diluar dari DPMPTSP dan Disdukcapil.

"Kita akan berangsur membuatkan pelayanan seperti digitalisasi yang mana tak lagi masyarakat harus datang ke MPP. Sekarang inikan sudah ada arahan dari presiden Jokowi untuk sistem pelayanan agar ke digitalisasi. Tapikan masyarakat Pekanbaru heterogen, ada yang bisa gunakan IT dan tidak, jadi inikan keterbatasan kita juga. Tapi kita akan berupaya bagaimana kedepannya kita akan buatkan pelayanan ini digitalisasi, sehingga bisa dimana saja berurusan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, ada empat hari libur panjang di awal bulan Juni.

Libur panjang tersebut selama 4 hari yang berupa hari nasional dan cuti bersama. Hari libur panjang tersebut berlangsung dari tanggal 1 hingga 4 Juni mendatang.

Jika melihat kalender Bulan Juni tahun 2023 ini, tanggal libur tersebut dimulai dari tanggal 1, tepatnya Hari Kamis ada Hari Lahir Pancasila. Kemudian pada tanggal 2 atau Hari Jumat adalah Hari Raya Waisak. Sedangkan 2 hari berikutnya adalah libur akhir pekan, yakni Hari Sabtu dan Minggu.

Berita Lainnya

Index