Penerima Beasiswa Pemko Pekanbaru sudah Diumumkan, Cek di Sini Ya...

Penerima Beasiswa Pemko Pekanbaru sudah Diumumkan, Cek di Sini Ya...

PEKANBARU - Penerima beasiswa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk mahasiswa berprestasi akademik dan kurang mampu sudah diumumkan. Totalnya ada 488 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru, Tri Sepna Saputra mengatakan untuk jumlah penerima beasiswa memang lebih banyak dari kuota yang sebelumnya telah ditetapkan.

"Kalau di awal kita sampaikan untuk kuota yang diterima adalah 400 orang, namun Alhamdulillah beasiswa bisa kita berikan untuk 488 orang. Ada pergeseran, sehingga bisa kita berikan untuk 488 orang," ujar Tri Sepna Saputra, Kamis (1/6/2023).

Ia merincikan penerima beasiswa tersebut terdiri dari 340 mahasiswa menerima prestasi non akademik dan 148 mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

"Untuk pengumuman bisa dilihat langsung ke laman beasiswa.pekanbaru.go.id/berita/pengumuman-kelulusan. Bagi mahasiswa yang namanya tercantum dalam pengumuman, kita minta untuk menunggu informasi selanjutnya. Akan ada tim yang menghubungi," cakapnya. 

Putra menyampaikan bahwa ada 136 mahasiswa S1 mendapat beasiswa kurang mampu. Ada juga 12 mahasiswa D3 mendapat beasiswa kurang mampu.

"Untuk nilai beasiswa yang diberikan untuk S1 adalah Rp4 juta dan D3 sebesar Rp3 juta," ungkapnya.

Dirinya menyebut bahwa awalnya ada 846 mahasiswa melakukan pengajuan untuk mendapat beasiswa. Namun ada 358 orang belum beruntung mendapat beasiswa untuk periode ini.

"Namun sesuai dengan instruksi dari Pj Walikota, yang belum lolos saat ini itu akan dibantu di APBD Perubahan. Namun dengan catatan jika anggaran memungkinkan," ungkapnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memastikan akan memberikan beasiswa untuk seluruh mahasiswa yang sudah mendaftar dan memenuhi persyaratan.

Jika jumlah pendaftar melebih kuota yang disediakan, maka sisanya akan diberikan di APBD Perubahan.

"Dari awal kemarin kita sudah siapkan kuota untuk 400 mahasiswa. Dan tentu ini kita seleksi mana yang patut dan mana yang tidak," ujar Muflihun.

Namun tentunya karena pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka, tentunya harus diwujudkan.

"Jadi berapapun yang lolos akan kita tampung dan sisanya akan kita coba berikan di APBD Perubahan 2023. Sehingga tidak ada kekecewaan dari masyarakat," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk tahun 2023 ini Pemko Pekanbaru di bawah Kepemimpinan Muflihun mengalokasikan bantuan beasiswa sebesar Rp2 miliar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan mahasiswa berprestasi. Jumlah tersebut diberikan untuk mahasiswa yang terdiri dari S1 dan juga D3.

Berita Lainnya

Index