Pakai APBN, PUPR Tahun Ini Aspal Ulang Jalan Siak-Pelalawan Sepanjang 24,23 Km

Pakai APBN, PUPR Tahun Ini Aspal Ulang Jalan Siak-Pelalawan Sepanjang 24,23 Km

SIAK - Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR telah menyetujui usulan Pemkab Siak untuk peningkatan mutu dan kualitas jalan lintas nasional Siak-Pelalawan atau dari Simpang Lago menuju Simpang KM 11 sepanjang 24,23 Kilometer. Proyek ini akan menggunakan APBN 2023.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak, Irving Kahar Arifin menyampaikan usulan itu sudah lama diusulkan, namun bersyukur dalam tahun ini terealisasi pekerjaannya dengan kontrak tahun jamak (Multi Years) dimulai tahun ini sampai dengan akhir 2024, selesai dengan nilai kontrak Rp155 miliar.

"Saya hubungi langsung Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Riau dan kami dapat informasi khusus jalan lintas dari Simpang Lago-Simpang KM 11 sudah dilelang, bahkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK)nya per tanggal 26 April ini," terangnya.

Ia mengajak masyarakat Kecamatan Lubuk Dalam dan Kerinci Kanan untuk bersyukur, karena terlaksananya proyek ini berkat dukungan Bupati Siak Alfedri. Sehingga masyarakat di sekitar juga terimbas hasilnya.

"Ini tak lepas dari support Pak Bupati, jalan tersebut nantinya akan diperlebar 1,5 meter. Sekarang lebarnya 6 meter ditambah kiri dan kanan jalan masing-masing 75 cm, total lebarnya menjadi 7,5 meter. Mudah-mudahan dengan pelebaran jalan itu dapat menekan angka kecelakaan di jalan nasional," kata Irving.

Terpisah Bupati Siak, Alfedri menyampaikan saat ini Pemkab Siak dihadapkan dengan persoalan jalan banyak yang rusak, tetapi melihat kekuatan anggaran menjadi kendala utama perbaikan dan peningkatan semua jalan yang rusak di wilayahnya.

"Kita tak mampu memperbaiki semuanya karena keterbatasan anggaran. Upaya kita dalam perbaikan jalan mengusulkan peningkatan status jalan naik ke provinsi dan nasional," kata dia.

"Alhamdulillah, kita tentunya berterimakasih kepada pemerintah pusat karena tahun ini pekerjaan jalan nasional dapat terlaksana. Artinya ke depan setelah diaspal ulang jalan itu kualitasnya semakin baik dan dapat mengurangi angka kecelakaan di sana," kata Alfedri.


 

Berita Lainnya

Index