Dimulai Juli, Riau Jadi Tuan Rumah Pertukaran Pemuda Antar Provinsi

Dimulai Juli, Riau Jadi Tuan Rumah Pertukaran Pemuda Antar Provinsi

PEKANBARU - Provinsi Riau dan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah pertukaran pemuda antar seluruh provinsi yang ada di Indonesia oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Juli mendatang.

"Riau ditunjuk sebagai tuan rumah pertukaran pemuda antar provinsi wilayah barat. Sedangkan Kalsel sebagai tuan rumah antar provinsi wilayah timur. Untuk di Riau kegiatannya mulai Bulan Juli," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Boby Rachmat, Selasa (6/6/2023).

Dari 35 provinsi, kata Boby, setiap provinsi nantinya akan mengirimkan dua perwakilan pemuda-pemudi terbaiknya. Nantinya, mereka akan dibawa untuk tinggal di Riau beberapa waktu untuk belajar budaya dan berinteraksi dengan masyarakat tempatan.

"Untuk kabupaten yang terpilih jadi lokasi kegiatan pertukaran pemuda tersebut yakni Kabupaten Pelalawan," ujarnya.

Boby berharap, dengan adanya kegiatan pertukaran pemuda tersebut, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui keanekaragaman budaya dan adat istiadat masyarakat Riau. Nantinya para pemuda ketika kembali ke daerahnya akan dapat memperkenalkan Provinsi Riau.

"Harapannya dengan kegiatan pertukaran pemuda tersebut, Provinsi Riau sebagai tuan rumah akan lebih banyak dikenal," ujarnya.

Boby menambahkan, dipilihnya Riau sebagai tuan rumah pertukaran pemuda yakni karena sebelumnya Riau juga sudah sukses melaksanakan berbagai kegiatan berskala nasional. Kemudian juga adanya dukungan dari pemerintah setempat, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

"Selain pertukaran pemuda, tahun ini di Riau juga akan dilaksanakan kegiatan kejuaran nasional dayung dan juga sepak bola antar PPLP," tutupnya.

Berita Lainnya

Index