Gol 80 Detik Lionel Messi Antarkan Argentina Bekuk Australia

Gol 80 Detik Lionel Messi Antarkan Argentina Bekuk Australia
Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Australia dalam ajang FIFA Matchday Juni 2023, Kamis (15/6/2023) (c) AP Photo/Ng Han Guan

CELOTEHRIAU - Timnas Argentina sukses memetik kemenangan di pertandingan pertama FIFA Matchday Juni 2023. Berhadapan dengan timnas Australia, La Albiceleste berhasil menang dengan skor 2-0.

Argentina berhasil unggul lebih dahulu berkat gol kilat Lionel Messi di awal babak pertama. Di babak kedua, German Pezzela mengunci kemenangan Argentina di laga ini.

Kemenangan ini akan menjadi bekal yang bagus bagi Argentina sebelum beruji coba dengan timnas Indonesia pada pekan depan.

Babak Pertama

Pertandingan yang digelar di Worker Stadium, Beijing itu berjalan seru. Kedua tim tampil all-out sejak awal laga.

Baru 80 detik laga berjalan, Argentina berhasil unggul atas Australia. Berawal dari Enzo Fernandez yang berhasil merebut bola dari pemain Australia, sang gelandang memberikan umpan datar ke Lionel Messi, dan pemain terbaik di dunia itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan masuk ke gawang. Skor 1-0 berubah untuk keunggulan Argentina.

Gol tersebut membuat Argentina semakin percaya diri untuk menyerang. Mereka membombardir gawang Socceroos dengan serangan-serangan mereka.

Namun perlahan tapi pasti, Australia mulai mengimbangi permainan Argentina. Mereka mulai menebar ancaman dengan serangan-serangan balik mereka.

Di menit ke-27, Emiliano Martinez dipaksa melakukan penyelamatan spektakuler untuk menghentikan tembakan jarak dekat Mitch Duke.

Di sisa babak pertama, kedua tim sama-sama melakukan jual beli serangan. Namun skor 1-0 tidak berubah untuk keunggulan Argentina.

Babak Kedua

Di jeda pertandingan, kedua pelatih sama-sama melakukan pergantian pemain. Di kubu Argentina, Nicolas Otamendi ditarik keluar dan digantikan German Pezzela sementara di kubu Australia, Jamie MacLaren ditarik dan digantikan Ajdin Hrustic.

Di awal babak kedua, jual beli serangan langsung terjadi. Di menit ke-49, Ryan membuat penyelamatan yang bagus untuk menghentikan tembakan keras Mac Allister.

Di menit ke-53, Lionel Messi nyaris menggandakan keunggulan Argentina, namun sayang sundulannya mengarah tepat ke pelukan Ryan.

Di menit ke-68, Argentina berhasil menggandakan keunggulan mereka. Berawal dari umpan silang Rodrigo de Paul, Pezzela yang berada di dalam kotak penalti sukses membobol gawang Ryan. Skor berubah menjadi 2-0 bagi keunggulan Argentina.

Dua menit berselang, Argentina nyaris menambah keunggulan. Berawal dari pergerakan Lionel Messi di sisi kanan, ia memberikan umpan kepada Julian Alvarez. Striker Manchester City itu berhasil mengelabuhi beberapa bek Australia sebelum melepaskan tembakan mendatar, yang sayangnya bisa ditepis oleh Ryan.

Meski tertinggal 2-0, Australia tidak mengibarkan bendera putih begitu saja. Socceroos mencoba menekan untuk mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Argentina saat wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain Kedua Tim

Argentina (4-3-3): Martinez; Acuna, Otamendi, Romero, Molina; Mac Allister, Fernandez, De Paul; Gonzalez, Messi, Di Maria

Pelatih: Lionel Scaloni

Australia (4-4-2): Ryan; Bos, Rowles, Souttar, Atkinson; McGree, O'Neill, Baccus, Leckie; MacLaren, Duke

Pelatih: Graham Arnold

Jadwal Berikutnya

Setelah bertanding di China, Timnas Argentina akan segera bertolak ke Indonesia.

La Albiceleste dijadwalkan akan menggelar uji coba dengan Timnas Indonesia pada hari Senin (19/6/2023) Pkl 19.30 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Berita Lainnya

Index