Kontigen Kwarda Riau Siap Unjuk Gigi Pada Ajang Lomba Tingkat V Nasional di Cibubur

Kontigen Kwarda Riau Siap Unjuk Gigi Pada Ajang Lomba Tingkat V Nasional di Cibubur

PEKANBARU - Sebanyak 21 peserta yang tergabung dalam kontigen Kwartir Daerah (Kwarda) Riau siap maju untuk mengikuti kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang V (LT-V) tahun 2023 yang akan adakan di Cibubur, Jakarta mulai 17-23 Juni mendatang.

“Yang berangkat besok, untuk peserta itu 8 orang putra dan 8 orang putri. Kemudian Pembina Pendamping peserta ada 2 orang, Pimpinan Kontigen 2 orang dan 1 Pembina Pendamping Kontigen,” terang Linda Usmayati selaku Pimpinan Kontigen Kwarda Riau di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Provinsi Riau. Kamis, (15/6/2023).

Untuk diketahui, para peserta yang akan berangkat  mewakili Provinsi Riau dalam ajang  LT V ini berasal dari Kwartir Ranting Tualang, Kabupaten Siak .

“Mereka ini berdasarkan hasil seleksi ketat yang bertingkat. Mulai dari seleksi di tingkat Gudep, lalu tingkat Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, kemudian ditingkat Kabupaten/Kota yang ada di Riau. Itu kemarin mereka berlomba dan akhirnya adik - adik ini yang menang dan menjadi regu tertinggi dari 27 mata lomba,” papar Linda.

Berkomitmen mengikuti perlombaan ini. Linda menuturkan pihakya telah melaksanakan kegiatan training center (TC) bagi para peserta selama enam hari.

“Tiga hari di Siak dan tiga hari di Pekanbaru. Jadi setiap mata lomba itu kita simulasikan berkali - kali sesuai petunjuk teknis yang diberikan panitia. Jadi adik - adik ini persiapannya seolah - olah mereka ini sudah berlomba,” jelasnya.

Adapun mata lomba yang akan dipertandingkan diantaranya, teknik kepramukaan, seperti kode morse, penjelajahan, peta pita dan perjalanan. Kemudian lomba panjat tebing, memasak, pentas seni, memanah dan berenang.

Selain itu, Linda juga mengapresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terhadap pihaknya .

“Pemprov Riau sendiri sangat mensupport kegiatan kami, mulai dari TC, keberangkatan sampai dilokasi sana itu disupport oleh Pemprov Riau. Termasuk kegiatan hari ini,” pungkas Linda.

Berita Lainnya

Index