Bantu Upaya Atasi Stunting

Dokter Muda COME FK UNRI Gelar Penyuluhan dan Optimalisasi PRG

Dokter Muda COME FK UNRI Gelar Penyuluhan dan Optimalisasi PRG

PEKANBARU - Dokter Muda Community Oriented Medical Education (COME) Fakultas Kedokteran Universitas Riau (Unri) bersama Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Hilir melaksanakan kegiatan penyuluhan stunting dan optimalisasi Program Rupiah Gizi (PRG), Ahad (18/6/2023).

Fokus kegiatan ini adalah balita dengan permasalahn gizi. Kegiatan tersebut meliputi penyuluhan stunting, tanya jawab seputar Makanan Pendamping ASI (MPASI), pengukuran antropometri balita, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pemberian media edukasi berupa banner, poster dan video edukasi yang berkaitan dengan stunting.

Pihak yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya Ibnu Sazal SE selaku perwakilan Camat, Ns. Mohammad Suhaimi SKep perwakilan kepala Puskesmas Gajah Mada, dr. Miftah Azrin Sp.KO dosen pembimbing lapangan, dr. Nur Robbiyah, Sp.A selaku dosen pembimbing klinis, dr. Herlina Novita dan dr. Lestari koordinator lapangan.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari perwakilan kepala puskesmas kemudian diikuti kata sambutan perwakilan Camat dan pembimbing lapangan Dokter Muda COME FK UNRI. Acara dimulai dengan penyuluhan yang disampaikan oleh dokter muda COME FK UNRI yang berjudul “Ayo Cegah Stunting” yang berisi materi mengenai pencegahan dan dampak Stunting, penyuluhan ini diikuti oleh 93 Orangtua dan anak, pihak puskesmas dan kader gizi. Pengukuran antropometri balita dilakukan bersamaan dengan penyuluhan.

Koordinator dokter muda COME FK Unri, Athallah Sabilah Sumpena mengatakan menurut data yang tercatat di wilayah kerja Puskesmas Gajah Mada hingga April 2023 terdapat 31 anak dengan permasalahan gizi mulai dari gizi kurang, gizi buruk hingga stunting. Anak dengan permasalahn gizi tersebut dipantau pertumbuhan dan perkembangannya melalui program RPG. 

“Program RPG merupakan suatu wadah terhadap pelayanan gizi pada balita yang sudah dibentuk sejak tahun 2015 yang merupakan inovasi Puskesmas Gajah Mada karena adanya peningkatan angka kejadian Stunting dari tahun ke tahun,” katanya. 

“Program RPG meliputi pemeriksaan antropometri balita secara berkala, pemberian PMT dan konsultasi terkait masalah gizi,” sambungnya. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, khususnya orangtua anak dengan permasalahn gizi terhadap pentingnya pencegahan Stunting. 

Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada perwakilan kepala Puskesmas Gajah Mada oleh dr. Miftah Azrin Sp.KO, serta pemberian banner, poster dan media edukasi berupa video mengenai program kerja Rupiah Gizi.

Berita Lainnya

Index