Riau Raih 29 Medali di Popnas 2023

Riau Raih 29 Medali di Popnas 2023
Kadispora Riau Boby Rachmat bersama atlet Kempo Riau yang meraih emas di Popnas 2023 

PEKANBARU - Kontingen Riau finish diperingkat ke-14 dalam perolehan medali di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 di Palembang, Sumsel. Naik satu tingkat dari Popnas sebelumnya.

Dalam klasemen akhir perolehan medali, Riau berada diperingkat ke-14 dengan koleksi 7 emas, 10 perak dan 12 perunggu.

DKI Jakarta keluar sebagai juara umum dengan koleksi 84 emas, 49 perak dan 47 perunggu. Melengkapi tiga besar ada Jabar diperingkat ke-2 dengan koleksi 50 emas, 37 perak dan 53 perunggu. Diperingkat ke-3 bersekolah Jatim dengan 49 emas, 45 perak dan 49 perunggu.

Bila dibandingkan dengan hasil Popnas 2017 lalu, hasil Popnas 2023 ini memang lebih baik, dari peringkat maupun perolehan medali. Pada Popnas 2017 laku, Riau Peringkat ke-15 dengan koleksi 3 emas, 8 perak dan 8 perunggu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau, Boby Rachmat mengatakan hasil keseluruhan Popnas sudah baik bagi Riau.

"Bersyukur emas meningkat dibanding 2017 lalu. Perak kita banyak," kata Boby, Senin (4/9/2023).

Melihat medali perak yang banyak, lanjut Boby, hal itu menggambarkan persaingan di final sangat ketat. Sehingga banyak atlet Riau kalah di final.

Ia memisalkan 3 petinju Riau yang masuk final namun gagal meraih emas. Begitu juga dayung Riau masuk 5 final namun hanya bisa menyumbang 2 perunggu di 5 nomor tersebut.

"Artinya persaingan di final sangat sengit," ujarnya.

Ia juga mengatakan persaingan di peringkat akhir perolehan medali juga sengit. Peringkat Riau dengan 10 besar hanya selisih 1 emas.

"Persiangan di 10 besar juga sengit. Bisa dilihat jarak perolehan emas 10 besar dengan kita. Hanya beda 1 emas saja. Beda tipis saja. Artinya persaingan sangat ketat," ucapnya.

Namun ia menegaskan pihaknya akan segera melakukan evaluasi dan perbaikan. Terlebih Pra Popnas 2024 dan Popnas 2025 segera menanti.

Pihaknya pun akan duduk bersama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Riau. Membaha terkait efektivitas Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Riau yang sudah berjalan. Gubri Syamsuar sebelumnya menyentil Dispora dan Disdik Riau yang dinilai kurang komunikasi dalam pembinaan atlet pelajar.

"Kita akan segera evaluasi untuk perbaikan kedepan. Kita akan duduk bersama dengan didik untuk melihat sejauh mana efektivitas SKO," kata Boby.

Sebaran medali atlet Riau di Popnas ini yakni menembak dengan 3 emas, 2 perak. Taekwondo 1 emas dan 2 perak. Angkat besi, kempo dan senam masing-masing menyumbang 1 emas.

Tinju menyumbang 3 perak dan 2 perunggu, takraw 1 perak dan 2 perunggu, wushu 1 perak dan 1 perunggu dan atletik 1 perak. Dayung 3 perunggu, pencak silat 2 perunggu, bulutangkis dan karate masing-masing 1 perunggu. (***)

Berita Lainnya

Index