Awas, Ini 5 Faktor yang Meningkatkan Kadar Kreatin

Rabu, 05 Juni 2019 - 11:02:19 WIB Cetak

Ilustrasi

CELOTEHRIAU.COM- Kreatinin adalah produk sisa metabolisme otot. Ginjal yang sehat bisa memfilter kreatinin dan produk sisa lainnya dari darah untuk dikeluarkan bersama urine. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, maka kreatinin bisa terakumulasi di dalam darah.


Jika kreatinin sudah terakumulasi dalam darah, maka berbagai dampak tertentu yang membuat tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik akan bermunculan.


Mengetahui penyebab tingginya kadar kreatinin bisa membantu kita terhindar dari masalah yang muncul akibat kadar kreatinin tinggi. Ada beberapa sebab yang membuat kreaitinin dalam tubuh meningkat, berikut merupakan beberapa faktor yang membuat kreatinin dalam tubuh meningkat.


Adanya Gangguan Ginjal atau Gagal Ginjal

Salah satu faktor kadar kreatinin dalam tubuh meningkat adalah adanya gangguan ginjal atau gagal ginjal. Kondisi tersebut menyebabkan glomerulus tidak mampu menyaring cairan tubuh. Sehingga, kreatinin yang ada didalam darah tidak bisa tersaring dengan baik dan akan terus terakumulasi didalam tubuh sehingga kadar kreatinin terus meningkat.


Kerusakan pada Otot

Jaringan otot bisa mengalami kerusakan akibat aktivitas berat atau akibat luka baik ringan maupun berat. Jaringan rusak tersebut masuk ke dalam aliran darah dan bisa merusak ginjal, sehingga kemampuan ginjal dalam menyaring kreatinin menjadi menurun.


Konsumsi Daging Secara Berlebihan

Daging merupakan sumber utama zat kreatinin. Karena daging yang dikonsumsi sebenarnya adalah otot yang menghasilkan kreatinin.


Terserang Penyakit Hipothiroid

Penyakit ini bisa menurunkan fungsi ginjal dalam membuang zat sisa dalam tubuh. Sehingga, kadar kreatinin juga akan ikut meningkat.


Melakukan aktivitas berat

Melakukan aktivitas fisik yang berat dan berlebihan seperti berolahraga bisa memicu pembentukan energi yang lebih cepat. Sehingga jumlah kreatinin juga meningkat.

 



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+