Kerap Dikonsumsi, Makanan dan Minuman Ini Ternyata Penyebab Kanker

Jumat, 07 Juni 2019 - 08:17:42 WIB Cetak

Ilustrasi

CELOTEHRIAU.COM-Ada banyak karsinogen yang tersembunyi di banyak makanan dan minuman, dan inilah yang secara langsung bertanggung jawab sebagai penyebab dan penyebaran kanker. Banyak makanan dan minuman umum yang telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker.


Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa ada hubungan antara daging merah dengan kanker kolorektal. Anda perlu mewaspadai makanan ini karena sangat berbahaya dan dapat meningkatkan risiko kanker.


Lalu, selain daging merah, adakah makanan dan minuman lain yang dapat menyebabkan kanker? Jawabannya ada. Berikut daftar makanan dan minuman umum yang ternyata menjadi penyebab kanker.


Tomat kaleng

Lapisan semua makanan kaleng terbuat dari bahan kimia yang disebut bisphenol-A atau BPA. Bahkan paparan kecil terhadap BPA dapat meningkatkan risiko kanker payudara, prostat, infertilitas, pubertas dini, gangguan metabolisme dan diabetes tipe 2. Jadi, sangat disarankan untuk membeli tomat segar dibanding yang kalengan.


Minyak hidrogenasi

Minyak ini digunakan untuk mengawetkan makanan olahan. Tetapi minyak ini dapat memengaruhi membran sel dan fleksibilitas serta menyebabkan kanker. 


Produk susu tertentu

Para ahli telah menemukan hubungan antara asupan kalsium tinggi dan perkembangan kanker prostat. Produk susu kaya kalsium dapat menurunkan jumlah D3 1,25-dihidroksivitamin dalam tubuh Anda.


Daging merah olahan

Makanan ini mengandung berbagai bahan kimia dan pengawet, termasuk natrium nitrat yang dikenal sebagai karsinogen. Untuk dapat menikmati daging yang aman, pilihlah dengan variasi organik dan bebas hormon.


Roti

Roti, makanan yang dipanggang dan produk-produk supermarket bertepung, penuh dengan potasium bromat. Dan zat ini dikenal sebagai karsinogen yang potensial.


Gula halus

Sel-sel tumor menggunakan gula untuk memakan diri mereka sendiri dan bertumbuh. Untuk berkembang, sel kanker akan tumbuh subur dengan pemanis kaya fruktosa seperti sirup jagung berfruktosa tinggi.


Alkohol

Penyalahgunaan alkohol juga menjadi penyebab utama kanker. Konsumsi alkohol berlebih merupakan penyebab utama kanker mulut, kerongkongan, hati, usus besar, rektum, dan kanker payudara.


Makanan yang mengandung asam lemak jenuh berlebih

Wanita pasca menopause dengan asupan lemak jenuh tinggi berisiko kanker payudara lebih dari 30 persen. Lemak ini hadir pada makanan yang mengandung lemak olahan, daging berlemak, keju, dan makanan penutup yang diisi dengan mentega. 

 

 



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Lifestyle

Fabio Quartararo Kalahkan Marquez

Ahad, 16 Juni 2019
Lifestyle

Gunakan GPS Saat Berkendara, Kena Tilang?

Kamis, 07 Februari 2019