Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Kota Sangat Inovatif di IGA Award 2023

Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Kota Sangat Inovatif di IGA Award 2023

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjadi satu di antara dari 15 Pemerintah Kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan "Sangat Inovatif" pada ajang Innovative Government Award (IGA) yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan diserahkan di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (12/12/2023).

Penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat (Pj) Walikota, diwakili oleh Asisten Administrasi dan Umum, Samto. Turut hadir pula, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, M Jamil. 

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BKSDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengungkapkan, bahwa para penerima penghargaan sebelumnya telah mengikuti beberapa tahapan penilaian. 

"Sejumlah tahapan yang telah dilalui yakni, penjaringan inovasi pada bulan Juni hingga Juli. Kemudian, dilanjutkan dengan proses validasi dan analisis variabel, serta Indikator indeks inovasi daerah terhadap dokumen inovasi yang dilaporkan," ujar Yusharto. 

Adapun tahap terakhir penilaian adalah peninjauan lapangan oleh tim yang terdiri dari perwakilan kementerian dan lembaga, Lembaga Swadaya Masyarakat, akademisi, serta media massa.

Dijelaskan dia, setelah seluruh proses penilaian dilakukan, terpilih 2 pemerintah provinsi, 25 pemerintah kabupaten dan 15 pemerintah kota.

"Selain kategori sangat inovatif, terdapat pula empat kategori lainnya seperti daerah terinovatif. Di antaranya diserahkan kepada tujuh pemerintah provinsi dan 16 pemerintah kabupaten," ucapnya. 

Sementara, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, penghargaan tersebut merupakan satu di antara komitmen dan upaya Pemkot Pekanbaru dalam berinovasi untuk memberikan pelayanan. 

"Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi motivasi dan bukti komitmen jajaran Pemko Pekanbaru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami akan terus bergerak berupaya melakukan  terobosan untuk melakukan inovasi lainnya," ujar Muflihun.

Berita Lainnya

Index