LAMR Provinsi Riau Apresiasi Langkah Gubri Tangani Persoalan Lahan PT SIR

LAMR Provinsi Riau Apresiasi Langkah Gubri Tangani Persoalan Lahan PT SIR

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution melakukan audiensi bersama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau. Audiensi tersebut berlangsung di Kediaman Wakil Gubernur Riau, Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru, Rabu (10/1/2024).

Ketua umum Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (Ketum MKA-LAMR), Datuk Seri Marjohan Yusuf sampaikan apresiasinya kepada Gubri Edy Natar atas langkah-langkah yang dilakukan terkait penyelesaian konflik antara PT Surya Intisari Raya (SIR) dan masyarakat okura. Ia menilai, langkah yang dambil Gubri Edy adalah suatu pergerakan yang tepat dalam menjawab aduan masyarakat, terlebih Pemprov Riau telah membentuk tim terpadu internal untuk mendalami permasalahan PT SIR dengan masyarakat Riau.

Dijelaskan dia, pihaknya juga banyak menampung aduan masyarakat terkait sengketa lahan. Hanya saja, pihaknya tidak memiliki kewenangan yang besar sebagai pengambil keputusan terhadap persoalan tersebut.

"Dalam kurun waktu yang singkat, sudah banyak langkah yang dilakukan pak gub, salah satunya langkah dalam menghadapi persoalan HGU PT SIR. Kami sangat mendukung perjuangan ini, dan tentu kedepannya, khusus di LAMR akan bersinergi sesuai degan tupoksinya," sebutnya.

"Jadi kami sangat bangga, pak Gubernur telah mengambil langkah ini, dan mudah-mudahan dapat menjadi jawaban atas persoalan ini," imbuhnya.

Sementara, Gubernur Riau (Gubri), Brigjen TNI Purn Edy Natar Nasution mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi yang disampaikan pihak LAMR. Lalu, Gubri melaporkan, bawa tim terpadu tersebut masih dalam proses bekerja dilapangan, dan ia akan melaporkan terkait berbagai proses yang didapat di lapangan nantinya.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi yang disampaikan. saya melaporkan bahwa tim masih bekerja dilapangan, saya tidak memasang target waktu kepada mereka, tetapi diharapkan dapat selesai dalam waktu yang sesingkatnya," jelasnya.

"Setelah diberikan arahan, saya meyakini mereka bekerja cukup efektif terhadap langkah yag dilakukan, dan perkembangan dilapangan dari pihak perusahaan juga cukup koperatif, mereka diterima di sana. Mereka akan terus mengerjakan tugas itu dan saya yang bertanggungjawab penuh," tandasnya.

Berita Lainnya

Index