Gubri Sampaikan Kunci Sukses Wujudkan Pemilu Damai 2024

Gubri Sampaikan Kunci Sukses Wujudkan Pemilu Damai 2024

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution menyebut suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan dambaan semua pihak. Jika menginginkan Pemilu cerdas, jujur, dan bertanggung jawab, harus dimulai dari diri sendiri. 

Hal tersebut diungkapkan Gubri saat menghadiri Seminar Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai dengan tema "Pemilu Cerdas, Indonesia Berjaya" yang ditaja Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau (UIR) di Auditorium Rektorat UIR, Jumat (12/1/2024). 

Untuk menciptakan suasana Pemilu berjalan dengan baik, menurutnya perlu kebersamaan, sinergi, dan semangat semua pihak. Kata Gubri, setidaknya ada beberapa kunci sukses yang harus dipahami untuk bisa mewujudkan Pemilu damai 2024. 

Pertama, penyelenggaraan Pemilu, dalam hal ini adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Agar Pemilu bisa berjalan dengan baik, Gubri Edy Nasution mengatakan, sangat penting untuk menjaga integritas penyelenggaraan Pemilu yang adil, objektif, dan profesional. 

"Kedua, peserta Pemilu, dalam hal ini terdiri dari partai politik dan peserta Pemilu bersama para calonnya. Saya menekankan agar peserta Pemilu memiliki integritas, patuh dan taat terhadap regulasi yang ada, serta tidak melakukan politik sara maupun identitas," ujarnya. 

Ketiga, masyarakat atau pemilih. Pemilu tahun ini semakin menarik karena bertambahnya beserta Pemilu dari kelompok usia pemilih muda yaitu generasi Z dan milenial. 

Karenanya, Pemilu 2024 menjadi ajang menunjukkan peran generasi milenial dan generasi Z yang semakin berpengaruh, menggugah antusiasme, dan menyuarakan isu-isu politik. 

"Pemilu 2024 menjadi momentum bagi anak-anak muda untuk menentukan siapa yang akan mengurus bangsa ini ke depan di berbagai level.  Oleh karena itulah kita harus dapat mewujudkan Pemilu ini secara cerdas, jujur, dan adil," tutup Gubri Edy Nasution. 

Berita Lainnya

Index