Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD Tahun 2025-2045, Pj Muflihun Harap Ada Rasa Kepemilikan Publik

Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD Tahun 2025-2045, Pj Muflihun Harap Ada Rasa Kepemilikan Publik

PEKANBARU - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pekanbaru menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pekanbaru Tahun 2025-2045, Jumat (12/01/2024) di Pekanbaru.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP ini membahas berbagai rencana jangka panjang untuk pembangunan kota pekanbaru.

Forum konsultasi publik ini merupakan media pembentukan komitmen dari seluruh stake holder di Kota Pekanbaru dalam mewujudkan pembangunan jangka panjang daerah periode 2025-2045 yang selaras dengan rencana pembangunan jangka panjang Provinsi Riau dan nasional.

“Forum konsultasi publik ini bertujuan untuk memupuk rasa kepemilikan publik kepada Kota Pekanbaru yang diwujudkan dari keikutsertaan stake holder dalam memutuskan perencanaan pembangunan daerah. Rasa kepemilikan ini diharapkan terus tumbuh sehingga forum ini tidak hanya sekedar menjadi acara seremonial pelaksanaannya,” ujar Muflihun saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Penyusunan RPJPD ini juga selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) demi mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045, yang artinya Indonesia sudah berada pada puncak kemakmuran.

“Proses usulan RPJPD Kota Pekanbaru harus membuka wawasan seluas-luasnya, tidak hanya mempertimbangkan isu yang terjadi di Kota Pekanbaru sendiri. Tapi juga harus memperhatikan isu nasional dan global yang saat ini terus berkembang,” jelas Muflihun lebih lanjut.

Forum konsultasi publik ini mengundang lebih kurang 300 peserta yang terdiri dari jajaran pemerintah di lingkungan Provinsi Riau, sejumlah pejabat daerah, tokoh masyarakat, dari pihak perguruan tinggi, hingga berbagai media cetak maupun online.

Berita Lainnya

Index