Entaskan Kawasan Rawan Banjir, Dinas Perkim Pekanbaru Lanjutkan Program OMS

Entaskan Kawasan Rawan Banjir, Dinas Perkim Pekanbaru Lanjutkan Program OMS

PEKANBARU - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru masih melanjutkan progam Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) di tahun 2024. Program tersebut merupakan pembangunan drainase di kawasan permukiman yang rawan banjir dan genangan air.

Kepala Dinas Perkim Kota Pekanbaru Mardiansyah mengatakan, tahun ini pihaknya tetap melanjutkan program OMS. Bahkan, pihaknya sudah mulai melakukan pembentukan yang baru di setiap kecamatan.

"Program OMS tetap lanjut, tahun lalu kita sampai tahap dua seluruhnya. Karena memang kan lambat dimulai, da hasilnya cukup bagus dan cukup memenuhi sasaran atau target kita lah," ujar Adie, sapaan akrabnya, Selasa (16/01/2024).

Menurutnya, dengan program itu potensi-potensi genangan di kawasan permukiman sudah mulai berkurang. Karena itu, pihaknya di tahun ini tetap melanjutkan program tersebut.

"Jadi kita lanjut per tahun ini dan pada bulan Januari ini kita sudah melakukan pembentukan OMS baru. Karena kan kemarin baru satu tahun SK-nya. Jadi ini dipilih lagi di seluruh kecamatan," ungkapnya.

Ia menilai sejumlah permukiman yang sebelumnya rawan banjir kini sudah tidak banjir. Selain program OMS, pihaknya juga melakukan semenisasi di kawasan permukiman. Semenisasi dilakukan dengan menggunakan APBD baik dari Dinas Perkim maupun anggaran dari pokok pikiran (pokir) dewan.

"Sementara untuk semenisasi tetap jadi program rutin kita, dan ini selain dari dinas ini juga ada dari pokir dewan," sebutnya.

Berita Lainnya

Index