Serapan OPD Minim, Bupati Pelalawan Bilang Begini..

Serapan OPD Minim, Bupati Pelalawan Bilang Begini..
Bupati HM Harris

CELOTEHRIAU.COM-Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau tahun 2019  hingga Bulan Juni ini masih minim.

Realisasi anggaran harus segera dikejar sesuai target.

Bupati Pelalawan, HM Harris, mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera melaksanakan program dan kegiatannya.

Proyek-proyek yang akan dilaksanakan secepatnya ditender untuk mengejar waktu penggunaan anggaran menghindari keterlambatan pengerjaan.

"Seluruh OPD siapkan dokumen dan langsung ditender secepatnya. Serapan anggaran masih sedikit. Jangan sampai ada (proyek) yang tak selesai lagi," ungkap Harris saat coffee morning bersama seluruh pejabat Pemkab Pelalawan, Senin (17/6/2019), di auditorium lantai lll kantor bupati.

Harris juga menekankan Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan memproses tender proyek yang dimasukan masing-masing OPD.

Dikuatirkan terjadi proyek mangkrak apabila waktu pengerjaan tinggal sedikit.

Menurut Asisten II Sekdakab Pelalawan, Atmonadi, realisasi anggaran berdasarkan data terakhir masih 25,74 persen dari total nilai APBD sebesar Rp 1,587 Triliun.

Dengan perincian serapan Belanja Tak Langsung (BTL) 36,25 dan Belanja Langsung (BL) masih 15,53 persen.

Dari sisi belanja barang dan jasa yang masih rendah, sejalan dengan proses lelang yang berjalan di UKPBJ.

"Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di masing-masing OPD kita harapkan mempercepat penyusunan dokumen agar segera ditenderkan. Jadi bisa ditayangkan langsung," tandasnya. 

#riau

Index

Berita Lainnya

Index