Disdik Pekanbaru Dukung Program Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah

Disdik Pekanbaru Dukung Program Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah

PEKANBARU - Kejaksaan Negeri (Kejari) menyambangi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Juara Pekanbaru, Kamis (29/2/2024). Kedatangan Insan Adhyaksa itu dalam rangka penyuluhan hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Pekanbaru, Lasargi Marel, mengatakan bahwa JMS kali ini terasa sangat istimewa dilaksanakan. Selama ini, kata Marel, pihaknya menggelar JMS di sekolah negeri.

"Alhamdulillah. Hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum di SMP Juara. Sekolah ini merupakan sekolah swasta pertama yang kita datangi pada program JMS," ujar Marel.

Ada sejumlah Jaksa dari Seksi Intelijen yang dilibatkan dalam kegiatan ini. Yakni, Plh Kasubsi A, Edhie Junaidi Zarly, Fuji Dwi Jona, dan Heimi Chritina Novalia. Dua nama yang disebutkan terakhir merupakan Jaksa Fungsional pada Seksi Intelijen.

Mereka bertindak sebagai narasumber yang memberikan materi dengan tema 'Pengenalan Dini Tindak Pidana Korupsi dan Kenakalan di Kalangan Remaja'. Materi disampaikan di hadapan 80 orang pelajar sekolah yang beralamat di Jalan Legasari Nomor 42, Kelurahan Tangkerang Selatan Kecamatan Bukit Raya itu.

Adapun materi yang disampaikan, di antaranya pengenalan tentang Kejaksaan, pengenalan tentang korupsi dan Undang-undang Anti Korupsi, pengertian kenakalan remaja (bullying, sex bebas, penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan lain-lain), serta penyebab dan cara mengatasi kenakalan remaja.

Turut juga hadir, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Irpan Meidalis, Kasi Kesiswaan Bidang Pembinaan SMP, Erma Susilawati dan para majelis guru SMP Juara Pekanbaru.
Menurut Marel, para pelajar sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Itu ditandai dengan banyaknya pelajar yang mengajukan pertanyaan, dan dijawab dengan baik oleh para narasumber.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia, Kejari Pekanbaru juga membagikan cendera mata berupa suvenir dan buku kepada para pelajar SMP Juara Pekanbaru.

"Sangat luar biasa sambutan pelajar di sana. Tak kalah dengan sekolah-sekolah negeri yang telah kami datangi," sebut Marel.

Sekedar informasi, SMP Juara merupakan sekolah keempat yang didatangi Kejari Pekanbaru pada program JMS tahun ini. Sebelumnya, Kejari telah mendatangi SMP Negeri 7, MTs Negeri 3 dan SMP Negeri 35.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang mendukung kegiatan JMS ini," pungkas Lasargi Marel. (Galeri)

Berita Lainnya

Index