Tim Kejagung Sambangi Kejari Pelalawan, Ada Apa?

Tim Kejagung Sambangi Kejari Pelalawan, Ada Apa?

PELALAWAN - Kejaksaan Negeri Pelalawan disambangi tim dari Kejaksaan Agung  yang ditugaskan memberikan penilaian khusus. Selain tim Kejagung turut serta mendatangi Kejari Pelalawan tim dari Kejati Riau. 

 

Rombongan ini berkunjung ke Kejari Pelalawan pada Senin 6 Mei 2024 lalu. Demikian diungkapkan Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Pelalawan, Misael Asarya Tambunan, SH, MH, Kamis (9/5/2024).

 

“Rombongan berkunjung, ke Kejari Pelalawan dalam rangka melakukan penilaian zona integritas menuju wilayahb ebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) terhadap 5 (lima) kejaksaan Negeri pada wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Riau. Salah satunya, adalah Kejari Pelalawan,” ungkap Kasi Intel Misael. 

Rombongan ini kata Kasi Intel Misael terdiri dari tim Inspektur  IV pada Jaksa Agung Muda Pengawasan, Edyward Kaban, S.H., M.H. bersama Tim Penilai Internal (TPI) Tahun 2024 dalam rangka penilaian zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) terhadap 5 (lima) Kejaksaan Negeri pada wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Riau.

 

“Terwujudnya Zona Integritas (ZI) yakni predikat yang diberikan kepada suatu instansi yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Kasi Intel Misael.

 

Dalam pengertiannya, bebernya, Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik yaitu telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada 6 (enam) area perubahan. Keenam area perubahan tersebut yakni Manajemen Perubahan, Penataan Tata laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Peningkatan kualitas Layanan Publik.

Diungkapkannya, Tim Penilai Internal (TPI) terdiri dari 4 (empat) orang yang diketuai oleh Edyward Kaban, S.H., M.H., selaku Inpektur IV pada Jaksa Agung Muda Pengawasan, Dwianto Prihartono, S.H., M.H., Christioy T Karo-Karo, S.H., S.H., dan Ganjar Sukma, serta didampingi Ibu Ayu Agung, S.H., S.Sos., M.H., selaku Assisten Pengawasan pada Kejaksaan Tinggi Riau. 

 

Dalam kunjungan tersebut sebutnya, terdapat lima Kejaksaan Negeri yang dilakukan penilaian yaitu Kejaksaan Negeri Peaawan, Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu, Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir, Kejaksaan Negeri Kampar, dan Kejaksaan Negeri Siak.

 

Selanjutnya, lima Kejaksaan Negeri yang dilakukan penilaian, melakukan pemaparan materi terkait kesiapan kelima Kejaksaan Negeri tersebut menuju Zona Integritas (ZI) WBK/WBBM tahun 2024 yang dilakukan langsung oleh masing-masing Kepala Kejaksaan Negeri. 

 

Ditambahkannya, Kasi Intel pada kesempatan itu Azrijal, S.H., M.H., selaku Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan dalam pamaparannya menyampaikan bahwa saat ini Kejaksaan Negeri Pelalawan memiliki 6 (enam) inovasi dari berbagai bidang yang ada untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yaitu PLN (Pelayanan DATUN), PERISAI PIDSUS, Sepatu ELANG (E- Tilang) Pidum, PELAYANAN PRIMA ANTAR BARANG BUKTI (PRIMA BAKTI), E-SuratB esuk, dan PENGAMBILAN BB CEPAT, EFEKTIF DAN EFISIEN.

 

Pada Kejaksaan Negeri Pelalawan terdapat Duta Pelayanan dan Agen Perubahan tahun 2024. Adapun yang menjadi Duta Pelayanan adalah Farqi Ghozali Mustajab, S.H., dan Adillah Anum, A.md.T. sedangkan untuk Agen Perubahan disematkan kepada Daniel Sitorus, S.H., dan Yuni Aditya Adhani, S.H.

Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan  Azrijal, S.H., M.H., selaku “Role Model” dalam pemaparannya juga mengajak jajarannya untuk bersama-sama membulatkan tekad untuk meraih apa yang selama ini diimpikan, yaitu mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Kejari Pelalawan dan ikut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan dalam pembangunan zona integritas.***

Berita Lainnya

Index