PUPR Pekanbaru Gandeng BWSS, Normalisasi Sungai Sail Akan Berlanjut Setahun ini

PUPR Pekanbaru Gandeng BWSS, Normalisasi Sungai Sail Akan Berlanjut Setahun ini

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, telah bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) dalam pemeliharaan Sungai Sail. Saat ini juga telah dilakukan normalisasi aliran guna antisipasi banjir di wilayah bantaran sungai.

Dengan kerjasama tersebut, Dinas PUPR Pekanbaru bertanggungjawab untuk pemeliharaan di Sungai Sail. Kerjasama pemeliharaan Sungai Sail itu juga dibagi dalam dua kewenangan.

"Kewenangan PUPR Pekanbaru dari hulu Sungai Sail sampai dengan Jembatan Harapan Raya. Sementara untuk BWSS kewenangan dari Jembatan Harapan Raya sampai hilirnya di Sungai Siak," ujar Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah, Rabu (29/5/2024).

Ia menjelaskan, untuk biaya yang dikeluarkan selama pemeliharaan tersebut akan ditanggung oleh masing-masing pihak.

"Kalau untuk kita, tidak ada mengeluarkan biaya. Palingan cuma BBM untuk alat berat. Karena kita punya alat sendiri dan operator sendiri," terangnya.

Pria yang akrab disapa Edu ini menyebut, pemeliharaan ini akan berlanjut selama satu tahun. Jika masih diperlukan pengerukan atau pemeliharaan, pihaknya akan menurunkan alat berat kembali.

"Saat ini alat berat masih bekerja, sekarang sudah sampai Parit Indah dari Jembatan Harapan Raya. Dan ini terus berlanjut selama satu tahun," tutup Edu. 

Berita Lainnya

Index