6 Minuman Alami yang Ampuh Menjadi Obat Penghancur Batu Ginjal

6 Minuman Alami yang Ampuh Menjadi Obat Penghancur Batu Ginjal
Ilustrasi

CELOTEHRIAU.COM-- Sebelum mencari obat batu ginjalyang alami, kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebab batu ginjal terbentuk. Penyebab batu ginjal terbentuk adalah, ketika urine mengandung banyak zat pembentuk krista.

Kristal yang tidak dikeluarkan tersebut lambat laun akan menumpuk di ginjal, dan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang. Kondisi tersebut biasanya dikarenakan kurangnya cairan yang kita konsumsi.

Jika batu ginjal sudah terbentuk, maka jalan mengeluarkannya adalah dengan operasi. Tapi ini bukan jalan satu-satunya untuk menyingkirkan batu ginjal. Ternyata masih ada obat batu ginjal alami yang sudah terbukti secara turun temurun

Dikutip dari healthybuilderz.com, beberapa minuman tertentu bisa menjadi obat batu ginjal. Minuman ini bekerja secara perlahan-lahan, menghancurkan dan mengeluarkannya dari ginjal.

6 minuman ini mampu membersihkan ginjal dari kristal yang menumpuk, apa saja? Simak di bawah ini:

Air putih

Pertama adalah tentunya air putih. Disarankan untuk minum 6 hingga 8 gelas air per hari. Tetapi ketika Anda mencoba untuk menghancurkan batu ginjal, lebih baik untuk meningkatkan asupan air hingga 12 gelas.


Anda harus terus minum lebih banyak air, ketika batu ginjal telah keluar untuk mencegah dehidrasi. Cara yang baik untuk mendeteksi jika Anda membutuhkan lebih banyak air adalah, ketika warna urin berwarna kuning gelap.

Sari cuka apel

Yang kita harus lakukan adalah mencampur 2 sendok sari cuka apel, dengan segelas air putih. Lalu minum sebelum makan sampai gejala hilang.

Anda juga dapat menggunakan perawatan ini sekali atau dua kali dalam seminggu, untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Sari cuka apel dapat membantu memecah batu ginjal sampai ukuran kecil, untuk dikeluarkan dari tubuh dengan mudah.

Jus lemon

Tidak dipungkiri, jika lemon adalah salah satu jeruk yang kaya akan manfaat. Dan ini bisa menjadi solusi lain untuk masalah batu ginjal.

Sitrat yang ada di dalam lemon, dikenal karena kemampuannya untuk mencegah pembentukan kalsium. Minum jus lemon dapat membantu mengurangi ukuran batu ginjal secara signifikan, hingga mudah dikeluarkan.

Baking Soda murni

Obat batu ginjal berikutnya adalah dengan membuat larutan baking soda murni. Cukup campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 300 mililiter air hangat, aduk, dan minum dengan segera.

Sifat alkalinitas baking soda dapat membantu mengurangi kandungan asam urin, yang menjadi penyebab pembentukan batu ginjal. Ini akan membantu menghandurkan dan dikeluarkan lewat urin dengan mudah.

Jus kemangi

Obat batu ginjal berikutnya tidak kalah bagus, yaitu jus kemangi. Asam asetat dalam jus kemangi dapat membantu mengurangi batu ginjal dan mengurangi rasa sakit. Kadar asam urat yang tinggi juga bisa dikurangi.

Anda dapat menggunakan daun kemangi kering atau segar saat membuat jus ini. Pastikan Anda minum beberapa cangkir dalam sehari. Anda juga bisa membuat smoothie dari kemangi.

Jangan gunakan perawatan ini secara teratur, karena dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan pendarahan, dan bahkan menurunkan kadar gula darah.

Air kelapa

Air alami lainnya yang dapat menjadi obat penghancur batu ginjal alami dari tubuh Anda adalah air kelapa. Yang harus Anda lakukan adalah minumbeberapa gelas air kelapa setiap hari.

Anda bisa menggunakan air kelapa biasa atau air kelapa hijau yang sudah terbukti khasiatnya. Air kelapa juga bisa meningkatkan jumlah buang air kecil, lalu menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal. Potasium yang ada dalam air kelapa, juga dapat membantu memecah batu di ginjal menjadi ukuran kecil.

Keenam minuman di atas juga bisa menjadi obat batu ginjal pada wanita maupun pria. Nah, tidak perlu lagi repot mencari obat batu ginjal di apotik karena harganya cukup mahal. Apalagi harus mengeluarkan biaya operasi batu ginjal.

Yang Anda butuhkan adalah obat batu ginjal alami yang ada di sekitar kita.

Selamat mencoba cara-cara di atas dan semoga lekas sembuh.

#kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index