Bobol Rumah Warga, Rangga Ditangkap Polisi

Bobol Rumah Warga, Rangga Ditangkap Polisi

PEKANBARU - Tim Resmob Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau menangkap pembobolan rumah, RS (32) atau yang biasa dipanggil Rangga Bandot. 

Direktur Reskrimum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan mengatakan, RS memasuki rumah milik Hartono di Jalan Sekolah, Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki 14 Juni 2024.

"Ketika itu pemilik rumah sedang tidak ada di tempat. Pelaku masuk dengan membobol pintu rumah menggunakan obeng," ujar Asep, Selasa (9/7/2024).

Perbuatan pelaku diketahui setelah korban pulang ke rumah yang juga dijadikan tempat usahanya pada pukul 12.00 WIB. Korban kaget melihat pintu belakang dan jendela di depan rumahnya sudah terbuka dan rusak.

Curiga, korban langsung mengecek barang-barang. "Ternyata barang-barang berharga berupa peralatan rumah tangga serta barang dagangan online berupa baju dan sepatu sebagian sudah hilang," kata Asep.

Kejadian itu langsung dilaporkan ke Polda Riau dan diselidiki. Diketahui kalau pelaku sedang berada di rumahnya di Jalan Pemudi, Kecamatan Payung Sekaki.

"Tim Resmob langsung ke lokasi menangkap pelaku. Penangkapan dilakukan pada Senin (8/7/2024) malam sekitar pukul 21.00 WIB," tutur Asep.

Kepada polisi, RS mengakui perbuatannya. Menurut pelaku pencurian dilakukannya bersama temannya, Memet, yang sudah masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Pelaku mengaku telah mengambil tabung gas 3 kg dan mesin air di rumah dan barang dagangan online sepatu dan baju," jelas Asep.

Tidak hanya RS, polisi juga mengamankan tiga orang lainnya yakni IW (47), BP (28) dan RA (26). "Pelaku dan tiga lainnya dibawa ke Polda Riau untuk penyidikan lebih lanjut," ucap Asep.

Pelaku dijerat Pasal 363 KUHPidana tentanng tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya paling lama 9 tahun penjara.

"Kami berkoordinasi dengan Polsek Payung Sekaki untuk penyerahan tersangka dan barang bukti," pungkas Asep.

Berita Lainnya

Index