Ini 10 Makanan yang Bikin Panjang Umur

Ini 10 Makanan yang Bikin Panjang Umur

CELOTEHRIAU - Memiliki umur yang panjang merupakan dambaan setiap orang. Agar bisa hidup lebih lama, maka harus diimbangi juga dengan menerapkan pola hidup sehat.

Oleh sebab itu, disarankan untuk rutin berolahraga, tidur yang cukup di malam hari, dan mengkonsumsi makanan sehat, termasuk sejumlah makanan yang diyakini dapat membuat umur panjang.

dr Linda Shiue, seorang dokter spesialis penyakit dalam di Kaiser Permanente San Francisco mengatakan, jika ingin hidup lebih lama maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan perbanyak bergerak.

"Jika Anda ingin hidup lebih lama, maka perbaiki apa yang Anda makan dan mulailah lebih banyak menggerakan tubuh Anda," kata dr Linda Shiue dikutip Huff Post.

Lantas, apa saja makanan yang bikin umur panjang? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Makanan yang Bikin Panjang Umur

Ada beberapa jenis makanan sehat yang dipercaya dapat membuat umur lebih panjang. Dilansir Huffpost dan Healthline, berikut jenis-jenis makanannya:

1. Sayuran Hijau
Semua sayuran hijau kaya akan nutrisi. Namun, sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, dan kubis dipercaya ampuh dalam membantu usia hidup lebih lama.

Sebab, sayuran hijau tersebut mengandung fitonutrien, antiradang, antikanker, dan anti-aging. Tak hanya itu, kangkung, brokoli, dan kubis juga mengandung folat dan vitamin B yang tinggi.

2. Kunyit
Rempah-rempah yang satu ini dipercaya dapat menambah umur lebih panjang. Soalnya, kunyit mengandung kurkumin, yakni senyawa bioaktif dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi.

Nah, efek antiinflamasi yang dihasilkan kurkumin dapat mengurangi peradangan kronis yang umumnya terjadi saat penuaan.

Menurut hasil studi yang dipublikasikan Cells pada 2022, kandungan kurkumin dalam kunyit disebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Ikan
Ikan berlemak sehat seperti salmon, sarden, teri, haring, dan makarel merupakan sumber protein dan lemak omega-3 yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi jenis-jenis ikan tersebut secara rutin dapat mengurangi risiko beberapa penyakit sekaligus menambah panjang umur.

"Mengkonsumsi salmon dua kali seminggu sudah cukup untuk mengurangi risiko serangan jantung, aritmia, tekanan darah tinggi, dan trigliserida tinggi," ujar dr Mark Hyman, seorang penulis, dokter, dan direktur UltraWellness Center.

4. Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, hazelnut, hingga pistachio merupakan makanan sehat yang diklaim dapat membantu seseorang panjang umur.

Sebuah studi dari Predimed melakukan percobaan dengan mengamati penurunan risiko kardiovaskular pada orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan dengan orang yang melakukan diet rendah lemak.

Hasilnya, orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan memiliki risiko kematian 39 persen lebih rendah daripada orang yang melakukan diet rendah lemak.

5. Minyak Zaitun
Studi yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology mengungkapkan, orang yang mengkonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun per hari memiliki risiko kematian lebih rendah hingga 19 persen daripada yang tidak memakannya.

Lalu, orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki risiko 29 lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit neurodegeneratif, 19 persen lebih rendah menderita penyakit jantung, dan 17 persen lebih rendang meninggal akibat kanker.

6. Biji-bijian Utuh
Mengkonsumsi biji-bijian utuh ternyata juga dapat menambah umur panjang, lho. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Circulation pada 2016, orang yang mengkonsumsi sekitar 2,4 ons biji-bijian atau setara satu setengah potong roti gandum setiap hari memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah daripada dengan orang yang tidak makan biji-bijian sama sekali.

Lalu, studi yang dilakukan Harvard School of Public Health mengungkapkan, mengkonsumsi biji-bijian utuh secara rutin dapat mengurangi kolesterol LDL 'jahat', trigliserida, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Biji-bijian utuh juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit berbahya seperti kardiovaskular, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan beberapa jenis kanker lainnya.

7. Bawang
Selain memberikan rasa lezat pada masakan, bawang ternyata juga dapat menambah usia hidup lebih lama. Dalam studi Molecules pada 2022, bawang merupakan salah satu sumber quercetin yang memberikan perlindungan terhadap penuaan.

Lalu, berdasarkan uji klinis pada 2021 dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, mengkonsumsi bawang yang kaya quercetin dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada manusia.

8. Buah Beri
Buah beri memiliki kadar glikemik rendah, sehingga tidak memicu naiknya gula darah dalam tubuh sekaligus membantu mencegah diabetes. Selain itu, buah beri juga mengandung antioksidan tinggi, salah satunya flavonoid yang bikin umur lebih panjang.

Lalu, kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu memperbaiki sel dalam tubuh, termasuk sel-sel di jantung. Dengan begitu, buah beri sangat baik untuk dijadikan dessert setelah menyantap makanan.

9. Yogurt Plain
Yogurt plain atau yogurt tanpa tambahan gula bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang ingin memiliki umur panjang. Sebab, yogurt plain kaya akan protein, kalsium, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

"Neurotransmitter pada yogurt plain dapat menenangkan tubuh, menurunkan stres, dan meningkatkan kualitas tidur," kata dr Florence Comite, pendiri Comite Center for Precision Medicine and Healthy Longevity di New York.

10. Tomat
Daftar makanan yang terakhir adalah tomat. Perlu diketahui, tomat mengandung likopen, yakni antioksidan yang penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C yang dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Itu dia 10 makanan yang bikin panjang umur. Dari daftar makanan di atas, mana yang paling sering dikonsumsi?

Berita Lainnya

Index