17.100 KK di Pekanbaru Akan Terima Bantuan CPP Tahap III, DKP Cek Kesiapan Bulog

17.100 KK di Pekanbaru Akan Terima Bantuan CPP Tahap III, DKP Cek Kesiapan Bulog

PEKANBARU - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru melakukan pengecekan ke Gudang Bulog di Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (11/10/2024).

Pengecekan dilakukan untuk melihat langsung beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap III yang akan disalurkan kepada belasan ribu Kepala Keluarga (KK) di Pekanbaru.

Pengecekan beras bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala DKP Pekanbaru, Maisisco bersama PT Pos Indonesia, dan Perum Bulog Riau Kepri.

Dalam pengecekan itu, Kepala DKP Kota Pekanbaru, Maisisco memastikan ketersediaan beras di Gudang Bulog untuk penyaluran program bantuan tahap III ini sudah mencukupi.

Maisisco menyebut, total penerima manfaat di Kota Pekanbaru sebanyak 17.100 KK. Masing-masing penerima akan mendapatkan 10 Kg beras. Artinya, kata Maisisco, saat ini ada 171 ton beras sudah siap disalurkan.

Selain itu, dirinya juga memastikan bahwa beras yang akan disalurkan kepada warga Pekanbaru memiliki kualitas yang baik. Beras tersebut akan disalurkan melalui PT POS Indonesia dan masing-masing kelurahan.

"Untuk beras ini akan disalurkan melalui Kantor Pos dan kelurahan-kelurahan. Untuk warga yang tinggal di pusat kota disalurkan melalui Kantor Pos, kalau yang di pinggiran kita salurkan melalui kelurahan," ujar Maisisco.

Rencananya, lanjut Maisisco, penyaluran beras tersebut akan dimulai pada Senin depan.

Sementara itu, Deputi DGM Kantor Cabang Utama (KCU) PT Pos Indonesia Pekanbaru, Nicko Riowanto mengatakan, penyaluran bantuan beras pemerintah Tahap III Periode Oktober 2024 ini segera dilakukan dalam waktu dekat.

Pihaknya masih melakukan persiapan baik terkait dengan teknis penyaluran dengan berkoordinasi dengan Pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Pada intinya kita sudah siap untuk penyaluran. Namun, memang masih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, termasuk sosialisasi kepada masyarakat. Tapi diperkirakan Senin pekan depan," ujar Nicko.

Kemudian, Manajer OPP Bulog Wilayah Riau-Kepri, Parluhutan Siregar menyatakan bahwa Bulog siap untuk penyaluran beras bantuan pemerintah periode Oktober ini.

"Kalau untuk stok sebenarnya sudah ready semenjak akhir September 2024 lalu. Perkiraan kita awal Oktober sudah bisa didistribusikan oleh transporter. Namun, karena memang harus ada proses yang harus dilaksanakan, jadi perkiraannya awal pekan depan sudah tersalurkan," sebut Luhut.

Dikatakannya, untuk beras yang disiapkan ada sebanyak 500 ton untuk beberapa daerah di Riau, termasuk di Kota Pekanbaru.

Berita Lainnya

Index