Pj Walikota Pekanbaru Berencana Lantik Sejumlah Pejabat Eselon III dan IV

Pj Walikota Pekanbaru Berencana Lantik Sejumlah Pejabat Eselon III dan IV

PEKANBARU - Puluhan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, akan dilantik dalam waktu dekat. Pasalnya, banyak jabatan yang kosong di kecamatan maupun kelurahan.

Bahkan untuk jabatan lurah saja, ada 13 yang kosong dan dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut, Pemko Pekanbaru telah mengajukan puluhan pejabat untuk dilantik. Pemko Pekanbaru sudah mengajukan puluhan pejabat ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengatakan, ada sekitar 86 pejabat yang diajukan untuk dilakukan Persetujuan Teknis (Pertek) ke BKN.

"Saat ini lagi proses, lurah 13, kepala seksi (Kasi) di kecamatan dan kelurahan ada sekitar 73, dan itu lagi berproses," ujar Risnandar, Senin (21/10/2024).

Ia menyebut, pihaknya tinggal mengirim ke BKN dan menunggu Pertek dari BKN dan izin dari Kemendagri.

"Tinggal dikirim ke BKN untuk menunggu Pertek BKN, kemudian diteruskan ke Kemendagri. Insyaallah dalam minggu depan kalau sudah berproses akan dilakukan pelantikan," ungkapnya.

Dia menegaskan, soal pelantikan pejabat Pemko Pekanbaru yang dilakukan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), tidak berkaitan dengan politik.

Dia juga mempertanyakan banyak jabatan yang kosong, namun tidak diisi dan tidak dibuka asesmen. Menurutnya, pengisian jabatan yang kosong adalah bagian dari pelayanan.

"Ini kan bagian dari pelayanan, siapa pun kepala daerah birokrasi tetap melayani, jadi tidak ada persoalan penggiringan opini," jelasnya.**

Berita Lainnya

Index