Ramai-Ramai Daftarkan Diri Jadi Balon Exco PSSI

Jumat, 27 September 2019 - 09:00:27 WIB Cetak

Iwan Bule, Refrizal, Arif Putra Wicaksono bersaing menuju PSSI 1.(celoteh Riau.com)

CELOTEHRIAU.COM--Genderang perang perebutan kursi Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023 mulai ditabuh. 

Ibarat sebuah lomba sudah memasuki 'garis start'. Dan sejumlah nama sudah berdiri mendaftar mendaftar untuk posisi Exco PSSI. Total ada 15 posisi Exco PSSI yang diperebutkan. 

Sebanyak 12 di antaranya untuk jabatan anggota Exco PSSI. Ada dua posisi sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, dan satu Ketua Umum PSSI.

Exco PSSI merupakan jabatan paling penting dalam kepengurusan PSSI pusat. Di tangan mereka segala kebijakan terkait sepak bola nasional ditentukan, mulai kompetisi domestik hingga Timnas Indonesia.

Komisi Pemilihan (KP) PSSI mulai membuka pendaftaran bakal calon (balon) Exco PSSI, termasuk Ketua dan Wakil Ketua sejak 12 September hingga 3 Oktober.

Sejauh ini baru tiga orang yang menyatakan akan maju menjadi Ketua PSSI. Mereka adalah Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, Rahim Soekasah, dan Refrizal.

Meski demikian, baru nama Iwan Bule yang terdaftar sudah mengajukan formulir ke KP PSSI terhitung sejak Rabu (25/9) hingga berita ini diturunkan. 

Iwan Bule berpasangan dengan Cucu Somantri yang mencalonkan sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Satu lagi nama yang sudah terdaftar dalam rekapitulasi awal dari KP PSSI adalah Iwan Budianto.


Plt Ketua PSSI tersebut tercatat mendaftar sebagai balon Wakil Ketua PSSI per Rabu (25/9).

Untuk anggota Exco PSSI, sebanyak 27 nama terdaftar di KP PSSI yang sudah menyerahkan formulir dan berkas-berkas wajib.

Berkas-berkas wajib yang harus diserahkan itu terkait persyaratan untuk menjadi anggota Exco PSSI. Persyaratan tersebut seperti tertuang dalam Pasal 34 Statuta PSSI.

Sebanyak tiga syarat itu adalah berusia minimal 30 tahun, aktif di sepak bola sekurang-kurangnya selama lima tahun, dan tidak pernah dinyatakan bersalah atau mantan narapidana.

Berkas wajib lainnya yang harus disertakan para balon Exco ke KP adalah dokumen berupa dukungan dari salah satu anggota PSSI. Total ada 85 pemilik suara yang notabene anggota PSSI dari unsur klub, asosiasi provinsi, dan sejumlah asosiasi di bawah PSSI.

KP yang nantinya akan menentukan para balon yang berhak maju untuk dipilih pada Kongres Pemilihan PSSI, 2 November, setelah proses seleksi verifikasi berkas. Selanjutnya, KP menyampaikan pengumuman calon sementara pada 9-13 Oktober.

Para balon yang tak puas dengan keputusan KP PSSI karena namanya tidak disertakan, bisa mengajukan banding ke Komite Banding PSSI pada 10-16 Oktober.

Fase-fase Menuju Kursi Exco PSSI

12 September - 3 Oktober:
Pendaftaran calon Ketua, Wakil Ketua dan anggota Exco PSSI. Kandidat menyerahkan berkas-berkas wajib, salah satunya dukungan dari Anggota PSSI.

30 September - 6 Oktober:
Pemberitahuan kekurangan dokumen.

1 - 8 Oktober:
Kandidat diberi waktu melengkapi kekurangan berkas-berkas wajib.

9 - 13 Oktober:
Komite Pemilihan (KP) menyampaikan pengumuman calon sementara.

10 - 16 Oktober:
Masa bagi para kandidat mengajukan proses banding ke Komite Banding Pemilihan.

18 Oktober:
Pengumuman hasil banding.

23 Oktober:
Pengumuman akhir.

24 - 31 Oktober:
Masa kampanye.

2 November:
Kongres Pemilihan PSSI.



Baca Juga Topik #sepakbola+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+