Kualifikasi A Plus, Stadion Utama Riau Layak jadi Venue Piala Dunia U-20

Kualifikasi A Plus, Stadion Utama Riau Layak jadi Venue Piala Dunia U-20
Stadion Utama Riau memiliki status A plus dan layak menjadi salah satu venue Piala Dunia U 20 tahun 2021( celotehriau.com/yudiwaldi)

CELOTEH RIAU.COM-- Stadion Utama Riau dianggap layak sebagai salah satu venue Piala Dunia U 20 yang akan digelar di Indonesia tahun 2021.

Ya, Stadion Utama Riau  yang dibangun untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON ) XVIII tahun 2012 ini  mampu menampung, 44.000 penonton dan pembangunannya menghabiskan dana sekitar Rp 1,8 triliun.

Stadion  ini merupakan tempat pembukaan dan penutupan pesta olahraga multi iven  PON saat Riau menjadi tuan rumah.

Stadion yang berlokasi di Jalan Naga Sakti konstruksi pembangunannya dimulai, Oktober 2009 dan selesai tahun 2012.

Stadion ini juga sempat menjadi tempat Kualifikasi Piala AFC U-22. Stadion ini juga sempat  digunakan kembali pada 2017 oleh PSPS untuk Liga 2, selain Stadion Kaharuddin Nasution.

Pada tahun 2019 ini , kondisi stadion kebanggan Riau ini sangat memprihatinkan, di mana terjadi kerusakan dan vandalisme pada berbagai sudut stadion.

Namun dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah oleh FIFA maka, Stadion Utama Riau kembali mengemuka menjadi salah satu venue. Pengalaman menggelar iven internasional seperti  kualifikasi AFC U 22 menjadi nilai jual salah satu stadion termegah di Asia yang  memiliki kualifikasi A plus.

"Stadion Utama Riau memang dibuat standar internasional, jadi kesiapan Riau dalam ajang Piala Dunia U-20 tahun depan telah disampaikan ke Menpora. Bahkan Menteri sangat menyetujuinya," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Doni Aprialdi, Rabu 30 Oktober 2019.

Doni mengaku dirinya turut hadir bersama rombongan Gubernur Riau, Syamsuar dalam pertemuan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali di Jakarta.

Menurut Doni, Menpora sangat merespon akan kesiapan Riau dalam kegiatan olahraga bergengsi tersebut. Sesuai dengan usulan Stadion Utama Riau menjadi bagian dari venue Piala Dunia U-20, pihak kementerian akan mengusulkan ke FIFA. 

"Sudah dapat restu dari Menteri jadi kita akan bersiap untuk menunggu kabar selanjutnya," kata Aprialdi.

Dalam pada itu, Abdul Gapur salah satu pengamat olahraga di Riau mengakui, Stadion Utama Riau memang layak menjadi salah satu venue Piala Dunia U 20.Sayangnya pada saat bidiing Stadion Utama Riau tidak dimasukkan delegasi PSSI.

"Kalau secara bangunan sangat  layak, karena pernah digunakan ajang kualifikasi AFC U 22, tahun 2013.Jadi dengan waktu satu tahun menjelang Piala Dunia pasti bisa dan tidak terlalu banyak perbaikan," katanya optimis.

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index